ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil Analisis Faktor-Faktor Yang Memotivasi Anggota Hipmi Dalam Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Himpunan Pengusaha Muda Perguruan Tinggi Universitas Telkom) dalam penelitian ini terdapat fenomena bahwa terdapat kurangnya motivasi pada anggota HIPMI untuk menjalankan bisnis atau sebagai wirausaha.
Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling adalah teknik penarikan sampel yang tidak memberikan peluang bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih untuk menjadi sampel. Dan peneliti akan menggunakan teknik total sampling. Menurut Sugiyono (2014:124) mengatakan bahwa total sampling adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sehingga sample dalam penelitian ini merupakan 150 anggota HIPMI Telkom University.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa penilaian responden yang merupakan 150 anggota HIPMI Telkom University mengenai motivasi berwirausaha berada pada kategori tinggi/baik, tanggapan responden tertinggi berada pada dimensi mengenai pekerja keras pada item pernyataan ke tujuh mengenai bekerja melebihi waktu pada umumnya yang memperoleh hasil persentase skor sebesar 71.47%, tanggapan ini menjadi tertinggi karena dalam dunia bisnis, entrepreneur bekerja 24 jam yang artinya melebihi pekerjaan yang lainnya, sehingga dapat dibilang seorang pebisnis harus bekerja melebihi waktu pada jam kerja umumnya, sementara tanggapan responden terendah berada pada dimensi mengenai prestatif pada item pernyataan ke sembilan belas mengenai selalu mengerjakan segala sesuatu dengan sempurna yang memperoleh hasil persentase skor sebesar 64.27%, hal ini dapat diartikan bahwa anggota HIPMI cenderung tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna, selalu terdapat kesalahan walaupun hanya sedikit, walau sebelum melakukan pekerjaan sudah dibuat perencanaan, namun kesalahan tidak bisa dihindari dalam pekerjaan.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis faktor-faktor yang memotivasi anggota HIPMI dalam berwirausaha pada Mahasiswa Telkom, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa Telkom University dalam berwirausaha merupakan pekerja keras, kreatif dan inovatif, realistis, disiplin, berkomitmen tinggi, motivasi instrinsik, motivasi ekstrinsik, jujur, mandiri dan prestatif.
Kata kunci: Kewirausahaan, motivasi instrinsik, motivasi ekstrinsik