Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil Peran Digital Marketing Terhadap Omset Penjualan Bagi
UMKM di Solo Raya PadaMasa PandemiCovid-19, dalam penelitian ini terdapat fenomena bahwa terdapat
permasalahan dengan digital marketing yang telah dilakukan oleh para pelaku UMKM di Solo Raya, yang
masih kurang mempengaruhi pendapatan pelaku UMKM di Solo Raya selama pandemic covid-19.
Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Non
probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan bagi
setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel (Sugiyono 2018:84). Penelitian ini
menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik sampling jenuh. Menurut Sugiyono (2017:85)
teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel dimana semua anggota populasi digunakan menjadi
sampel. Sehingga dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 31UMKM di Solo Raya.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa tanggapan
responden yang merupakan pemilik UMKM di kota Solo raya terhadap digital marketing dapat dinyatakan
bahwa pengunaan digital marketing oleh para pemilik UMKM di kota Solo raya dapat membantu dalam
dalam promosi penjualannya, sementara tanggapan responden mengenai omzet penjualan dapat dinyatakan
bahwa pengunaan digital marketing oleh para pemilik UMKM di kota Solo raya cukup dapat meningkatkan
omzet penjualannya.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai "Peran Digital Marketing terhadap Omzet Penjualan bagi
UMKM di Solo Raya pada Masa Pandemi Covid-19", maka diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: Digital
marketing berdasarkan tanggapan responden berada pada kategori tinggi, hal ini berarti pengunaan digital
marketing oleh para pemilik UMKM di kota Solo raya dapat membantu dalam promosi penjualannya.
Kata kunci: Digital marketing, Pemasaran, Omzet Penjualan