Kelingan Coffee merupakan Coffee Shop dengan tema nuansa klasik modern yang menyajikan jenis varian kopi, makanan dan dessert untuk menemani pelanggan yang sedang nongkrong santai atau juga yang sedang melakukan aktifitas yang membutuhkan tempat yang nyaman yang berlokasi di Perumnas Bumi Teluk Jambe, blok K No.217 Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Segmen pelanggan yang dituju oleh kelingan Coffee saat ini merupakan masyarakat di sekitar kabupaten Karawang yang ber gender laki-laki dan perempuan serta dari golongan milenial maupun yang sudah tua. Akan tetapi, Kelingan Coffee belum tepat dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Kelingan Coffee. Objek pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di Kelingan Coffee.
Penelitian ini dilakukan agar dapat merancang perbaikan terhadap fasilitas dan pelayanan pada pelanggan berdasarkan true customer needs. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk merancang perbaikan fasilitas dan pelayanan adalah Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD dipilih karena mencari kebutuhan dan keinginan konsumen yang berfungsi sebagai alat ukur untuk melakukan perbaikan, sehingga mendapatkan strategi yang akan memberikan kepuasan untuk konsumen dengan memperhitungkan juga faktor internal dan eksternal dimana faktor internal adalah pihak Kelingan Coffee dan faktor eksternal adalah konsumen serta pesaing sejenis.
Hasil dari penelitian ini didapatkan 16 atribut yang merupakan kebutuhan dan keinginan konsumen terkait fasilitas dan pelayanan pada Kelingan Coffee. Pada atribut kebutuhan didapatkan 14 karakteristik teknis dan didapatkan hasil perhitungan Nilai Kontribusi, Normalisasi Kontribusi dan Ranking untuk dilakukan pengurutan hasil rancangan perbaikan sesuai dengan kondisi eksisting pada Kelingan Coffee.
Kata Kunci: QFD, HOQ, True Customer Needs, Part Deployment