VIRTUALISASI GERAKAN JARI TANGAN BERDASARKAN DATA MOTION CAPTURE

MUHAMMAD NABIL GHIFARI

Informasi Dasar

46 kali
21.04.2802
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Interaksi virtual adalah kegiatan yang memungkinkan user pada dunia nyata dapat berinteraksi dengan sesuatu pada dunia virtual. Membuat sebuah interaksi antara benda nyata dengan benda virtual menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan teknologi virtual reality (VR). Dalam penelitian ini, sebuah projek Unity3D dibuat untuk virtualisasi gerakan jari tangan berdasarkan data motion capture, yang dimana user menggunakan alat motion capture lalu menggerak – gerakan jari tangannya. Data pergerakan tersebut kemudian digunakan Unity3D untuk menggerakan jari tangan model 3D. User dapat berinteraksi dengan menggunakan gerakan jari tangan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat delay selama 28.23 detik pada proses pergerakan jari tangan virtual, dikarenakan proses pengiriman data yang masih sekuensial dan juga traffic jaringan pada saat pengambilan data. Tangan virtual pada Unity3D dapat menirukan semua pergerakan jari tangan asli sehingga memiliki akurasi 100% dalam kesesuaian gerakan.

Kata Kunci: Realita Virtual, Penangkap Gerakan, Unity3D.

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

VIRTUALISASI GERAKAN JARI TANGAN BERDASARKAN DATA MOTION CAPTURE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NABIL GHIFARI
Perorangan
Anton Siswo Raharjo Ansori, Ashri Dinimaharwati
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini