Game ucing beling adalah permainan tradisional anak-anak tanah Sunda,
Jawa Barat, Indonesia yang dimainkan agar melatih fokus, ketelitian anak dan
juga hiburan. Untuk mengetahui siapa yang menang dan siapa yang kalah pada
game ucing beling maka dibutuhkan skor penilaian pada game ucing beling.
Pada penelitian ini akan menggunakan algoritma Finite State Machine
dalam penerapan skor penilaian pada game ucing beling. Finite State Machine
menggunakan tiga prinsip kerja yaitu State (keadaan), Event (kejadian) dan
Action (tindakan).
Hasil dari penelitian ini akan membuat skor pada game ucing beling
dengan sistem pembuatan skor berdasarkan waktu, waktu akan dibuat dari 25
detik hingga 0 detik, apabila player menemukan beling pada detik 25 maka
akan mendapatkan skor 100 point, apabila player tidak menemukan beling
dalam waktu 1 detik maka akan dikurangi point skor sebesar 4 point per
detiknya dan apabila waktu habis player tidak menemukan beling makan
penilaian skor akan menjadi 0 point. Dalam penampilan skor akan menentukan
juara 1, juara 2 dan seterusnya, dalam penampilan skor akan menggunakan fitur
highscore, dalam fitur highscore menggunakan fitur sorting yang ada pada
unity2D.
Kata Kunci: Game, Game Tradisional, Penilaian Skor, Finite State
Machine.