Industri telekomunikasi di era saat ini termasuk kedalam industry yang
penting dimana kebanyakan orang menggunakan smarphone atau pun perangkat
keras yang membutuhkan jaringan internet wi-fi ataupun mobile. Indonesia
merupakan negara kepulauan dimana setiap pulau memerlukan cara bertuka
informasi yang lebih cepat dari sebelumnya yang dimana saat ini penggunaan
jaringan internet semakin mempermudah dalam penyebaran informasi sehingga
diberbagai daerah mampu mendapatkan informasi yang sama dengan di pusat kota.
Perusahaan telekomunikasi saat ini harus terus mempertahankan kualitasnya dalam
menyediakan sebuah jaringan, tentunya selalu ada upaya pengembangan jaringan
internet yang dimiliki sebuah perusahaan telekomunikasi ke tempat yang belum
sama sekali memiliki jaringan internet tentunya dalam proses pengembangan dan
pembangunan jaringan memerlukan kerjasama dengan supplier yang dapat
membantu mempercepat proses pembangunan dari segi penyediaan bahan dan
teknisi ahli dalam pembangunan jaringan tersebut.
Latar belakang tersebut menjadi tujuan dari diadakannya penelitian ini,
penelitian ini ingin mengatahui apakah aspek social pengadaan yaitu mampu
mempengaruhi Knowledge Sharing. Knowledge sharing suppliers adalah salah
satu cara sebuah perusahaan untuk menjaga dan pengelolaan supply chain
management yang baik dengan cara saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan
informasi penting. Knowledge sharing dapat meminimalisir kesalah pahaman dan
mendorong kinerja supply chain management ke titik maksimal. Faktor-faktor yang
dapat menentukan knowledge sharing suppliers adalah tie strength, network
stability, shared understanding dan trust. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
apakah tie strength, network stability, shared understanding dan trust secara
simultan memiliki pengaruh terhadap knowledge sharing.
Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM-PLS dengan teknik
sampling menggunakan nonprobability sampling dengan metode pengambilan
sampel purposive sampling, dimana pengambilan sampel yaitu dengan cara
menyebarkan kuisioner kepada 90 responden, responden yang dipilih pada
penelitian ini adalah supplier Telkomsel yang berhubungan dengan divisi
Infratructure Buyer Telkomsel.
Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa tie strength, network
stability, shared understanding dan trust memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Knowledge Sharing.
Peneliti menyarankan agar seluruh pihak yang terlibat dalam Knowledge
sharing supplier dapat menciptakan lingkungan kerjasama yang baik demi
meningkatkan kinerja setiap perusahaan dan kerjasama yang berkepanjangan.
Kata kunci: Supply Chain Management, Knowledge sharing, supplier