STRATEGI KOMUNIKASI TIM GUGUS TUGAS COVID-19 DALAM PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR ( PSBB ) ( Studi Deskriptif Kualitatif di Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat Periode Juni – Juli 2020 )

SILMI SALIMAH

Informasi Dasar

21.04.3155
302.207
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fenomena keberhasilan Kota Tasikmalaya dalam menurunkan jumlah Pasien Covid-19 merupakan upaya luar biasa dari komunikasi yang terjalin antar Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Tasikmalaya. Penting untuk mengetahui strategi komunikasi yang di terapkan antar elemen satuan gugus tugas penanganan covid-19 mulai dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah, Dandim 0612/ Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya, Kepala Pelaksana BPBD serta Tim gabungan Satpol PP, Dishub beserta seluruh anggota RT dan RW dalam menjalankan PSBB di Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan strategi komunikasi yang dilaksanakan oleh Ketua Tim Gugus Covid-19 Kota Tasikmalaya dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi komunikasi dilaksanakan oleh Tim Satuan Gugus Tugas Kota Tasikmalaya telah sesuai dengan indikator strategi komunikasi mulai dari strategi penetapan komunikator, strategi penetapan pesan, strategi penetapan media dan strategi penetapan khalayak telah dilakukan dengan baik. Kesimpulan penelitian ini ialah bahwa Strategi komunikasi yang di terapkan menghasilkan fakta yang ditemukan di masyarakat bahwa penyebaran covid-19 Kota Tasikmalaya mengalami penurunan karena pelaksanaan kedisplinan yang dilakukan oleh aparat selaku Tim Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kota Tasikmalaya dan komunikasi yang disampaikan kepada masyarakat dengan strategi yang tepat. Mengenai akibat dari pelaksanaan strategi komunikasi yang telah di jalankan oleh tim Satuan Gugus Tugas, pelaksanaan pelaporan hasil presentasi kedispilinan Kota Tasikmalaya di laporkan langsung kepada Gubernur yang di bebankan kepada Kominfo dengan Pemerintah Daerah setempat. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, PSBB, Kota Tasikmalaya

Subjek

COMMUNICATION STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI TIM GUGUS TUGAS COVID-19 DALAM PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR ( PSBB ) ( Studi Deskriptif Kualitatif di Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat Periode Juni – Juli 2020 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SILMI SALIMAH
Perorangan
Reni Nuraeni, Rizca Haqqu
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini