Pengaruh Penggunaan Emoji Terhadap Persepsi Komunikan Atas Umpan Balik Negatif Pada Whatsapp

RAFI PARULIAN SIREGAR

Informasi Dasar

208 kali
21.04.3162
302.23
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Emoji merupakan sebuah ikon atau gambar berkarakter yang populer pada aplikasi pesan teks CMC, berfungsi untuk mengungkapkan atau menyatakan ekspresi yang sesuai dengan ekspresi fisiologis pada kehidupan nyata. Kehadiran butir-butir emoji pada CMC merupakan bentuk dalam mengantisipasi keterbatasan bahasa non verbal pada pesan teks. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan emoji terhadap presepsi komunikan atas umpan balik negatif. Konteks pada penelitian ini yakni komunikasi dari mahasiswa terhadap dosen pembimbing. Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Data telah terkumpul oleh penulis secara online melalui kuisioner kepada 380 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dalam proses analisis data yang dilakukan melalui SPSS IBM versi 25. Berdasarkan hasil analisis data maka Penggunaan emoji Liking emoji (X1) dan Disliking emoji (X2) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap presepsi komunikan atas umpan balik negatif sebesar 0,509 atau 50,9% sedangkan 49,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Subjek

NEW MEDIA
 

Katalog

Pengaruh Penggunaan Emoji Terhadap Persepsi Komunikan Atas Umpan Balik Negatif Pada Whatsapp
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAFI PARULIAN SIREGAR
Perorangan
Adrio Kusmareza Adim
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini