Perancangan ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa sekolah dasar yang belum saling membaur/bersosialisasi hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya dukungan fasilitas sarana komunal sebagai area siswa bersosialisasi, pengaruh gadget serta berdasarkan sifat dari individu itu sendiri. Sehingga perlu adanya sistem perancangan desain interior sebagai pemicu siswa agar mau bersosialisasi yang mana sifat sosial siswa dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa pada lingkungannya. SD Taruna Bakti merupakan Sekolah Dasar yang menerapkan motto utama sebagai sekolah pembauran yang mana pembauran tersebut terkait erat dengan sifat sosialisasi siswa yang mana siswa didik untuk saling bersosialisasi satu sama lain dengan memperhatikan kelompok usia didalam lingkungan sekolah tersebut. Demi terwujudnya dukungan atas motto utama SD Taruna Bakti tersebut sebagai sekolah pembauran maka dari itu diperlukannya perancangan yang mendukung sebagai sarana seperti fasilitas komunal serta perancangan yang memicu siswa untuk memudahkan siswa saling bersosialisasi.
This design is motivated by the large number of elementary school students who have not mingled with each other. This can be caused by several factors such as the lack of support for communal facilities as an area for students to socialize, the influence of gadgets and based on the nature of the individual itself. So that it is necessary to have an interior design design system as a trigger for students to want to socialize where the social characteristics of students can affect the level of student confidence in their environment. Taruna Bakti Elementary School is an elementary school that applies the main motto as an assimilation school, which is closely related to the nature of student socialization where students socialize with each other within the school environment. For the sake of realizing support for the main motto of SD Taruna Bakti as an assimilation school, it is therefore necessary to have a supportive design as a means such as communal facilities and designs that trigger students to make it easier for students to socialize with each other.