Dalam beberapa tahun belakangan ini aktivitas yang dilakukan di alam terbuka menjadi sebuah trend yang diminati oleh semua kalangan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman nasional menjadi salah satu destinasai wisata yang sering dikunjungi. Data yang telah diterbitkan oleh KLHK pada tahun 2019 menyatakan total kunjungan taman nasional dari wisatawan lokal maupun mancanegara mencapai 7.930.488. Berdasarkan data tersebut, taman nasional gunung menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Mendaki gunung bagi sebagian orang merupakan sebuah rutinitas yang dijalani. Pengguna internet yang ada di Indonesia berkembang pesat, hasil dari survei yang dilakukan APJII mencatat pengguna internet di Indonesia mencapai 196.7 juta. Dengan hal ini, membuat startup Kegunung mengembangkan aplikasi website agar dapat digunakan oleh pengguna. Kegunung adalah aplikasi berbasis website yang menghadirkan fitur sewa alat untuk membantu memasarkan toko-toko yang menyewakan alat yang dimiliki untuk dapat disewakan kepada pendaki gunung atau wisatawan. Keunggulan yang dihadirkan oleh Kegunung seperti metode pembayaran yang mudah, pengantaran barang, dan pengantaran barang. Dalam penelitian ini, mengembangkan desain antarmuka website aplikasi Kegunung fitur sewa alat menggunakan metode design thinking. Design thinking sebuah metode yang berpusat pada manusia terhadap inovasi yang diambil dari perangkat perancangan untuk mengintegrasikan kebutuhan orang-orang, kemungkinan teknologi, dan persyaratan bisnis. Metode ini dibagi menjadi lima tahap yaitu empathize, define, ideate, prototyping, dan testing. Selain itu, pengujian yang dilakukan menggunakan usability tool maze, dengan hasil MIUS dan MAUS termasuk tinggi dengan nilai 82, berdasarkan hal tersebut rancangan prototipe dapat diterima oleh pengguna.