PENERAPAN KECERDASAN BUATAN PADA GAME HITUNGANKU MENGGUNAKAN ALGORITMA A* PATHFINDING

GIYAN AURALDITAMA

Informasi Dasar

72 kali
21.04.3704
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecerdasan buatan adalah salah satu dari bagian ilmu komputer yang mempelajari bagaimana mesin dapat melakukan pekerjaan seperti manusia bahkan lebih baik dari pada yang dilakukan manusia. Salah satu pemanfaatan dari kecerdasan buatan terletak di bidang industri game. Game merupakan sebuah hiburan yang menggunakan media elektronik yang dibuat semenarik mungkin dengan tujuan untuk memuaskan pemain ataupun sekedar untuk melepaskan penat. Selain itu game juga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang cukup baik. Oleh karena itu pada penelitian ini dirancang sebuah game edukasi “Hitunganku” dengan tujuan sebagai alat pendidikan yang berfokus pada materi matematika. Game edukasi ini bertema petualangan dengan menggunakan algoritma A* Pathfinding. Algoritma ini akan mencari jalan tercepat untuk Non-Player Character (NPC) dengan pemilihan rute yang paling optimal dari segi biaya (cost). Selain itu mempermudah mengatur perilaku NPC pada saat terjadi perubahan kondisi dalam permainan. Hasil yang didapatkan dari perancangan game edukasi “Hitunganku” menggunakan algoritma A* Pathfinding yang diterapkan pada NPC adalah NPC dapat mendeteksi keberadaan pemain ketika pemain berada di area jangkauan NPC dan melakukan pengejaran ketika pemain terdeteksi. Selanjutnya, dari pengujian 65 responden dengan kriteria 11 anak-anak (<=10 tahun), 7 remaja (11-19 tahun) dan 47 dewasa (20-60 tahun) sekitar 63.1% responden merasa soal matematika yang diberikan mudah dipahami oleh mereka dan rata-rata 79.48% para responden merasa game Hitunganku baik dan layak untuk dimainkan. Kata Kunci: Game, AI, A star, NPC.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

PENERAPAN KECERDASAN BUATAN PADA GAME HITUNGANKU MENGGUNAKAN ALGORITMA A* PATHFINDING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIYAN AURALDITAMA
Perorangan
RANDY ERFA SAPUTRA, RATNA ASTUTI NUGRAHAENI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini