PERANCANGAN MAINAN DENGAN PENERAPAN ASPEK ERGONOMI UNTUK KENYAMANAN PENGGUNA PLAY-SPACE PADA COWORKING-SPACE DI KOTA BANDUNG

MUHAMMAD FAKHRIZAL GRANIADI

Informasi Dasar

21.04.3729
658.575 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Coworking-space merupakan sebuah tempat yang mempunyai konsep perkantoran dengan sistem rental office yang mengadaptasi perkembangan cara bekerja yang berubah dan semakin fleksible. Makna Coworking-space akan hilang, bila tidak terdapatnya interaksi yang terjadi. Tujuan utama pembentuka Coworking-space bukan sekedar menyewakan ruang perkantoran, namun sebuah tempat komunitas yang sinergis tempatnya para enterpreneur. Hal tersebut dikarenakan dengan aspek ergonomi akan menghasilkan mainan yang sesuai dengan kondisi pengguna, sehingga pengguna akan merasa aman, dan nyaman dengan mainan yang disediakan. Hal tersebut dikarenakan Coworking-space ini memiliki beberapa keuntungan yang meliputi lingkungan kerja yang lebih kondusif dan nyaman, dapat digunakan sebagai tempat berbagi wawasan dengan pengguna lainnya. Tolak ukur sebuah Coworking-space ideal yaitu memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya, salah satunya yaitu play-space atau leisure place yang berfungsi sebagai ruang bermain atau istirahat. Ruang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna ketika mengalami kepenatan saat mengerjakan pekerjaan maupun tugas. Umumnya fasilitas yang ditawarkan di sebuah play-space atau leisure place adalah mainan. Di Bandung sendiri sudah terdapat beberapa Coworking-space yang mulai diminati para pekerja dengan latar belakang IT, Freelancer, Digital Marketing, Start Up, Enterpreneur dan Pekerja Kreatif bahkan mahsiswa atau pelajar. Fasilitas yang ditawarkan Coworking-space cukup baik, sama seperti Coworking-space lainnya, hanya saja yang membedakan tidak semua Coworking-space di Bandung mempunyai ruang khusus untuk bermain atau play space. Namun permainan yang disajikan adalah permainan dengan sistem digital yang hanya dapat digunakan oleh satu sampai dua orang saja, selain itu dampak yang dihasilkan dari data kuisioner adalah kelelahan pada mata dan kurangnya sosialisasi antar pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perancangan mainan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan pengguna ketika mengalami kepenatan, memberikan kenyamanan pada saat dimainkan, dan sesuai dengan aspek ergonominya.

Kata Kunci: Coworking-space, Perncangan Mainan, Aspek Ergonomi, Kenyamanan

Subjek

DESIGN-PRODUCT
 

Katalog

PERANCANGAN MAINAN DENGAN PENERAPAN ASPEK ERGONOMI UNTUK KENYAMANAN PENGGUNA PLAY-SPACE PADA COWORKING-SPACE DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAKHRIZAL GRANIADI
Perorangan
TERBIT SETYA PAMBUDI, DIENA YUDIARTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Produk
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • PDH2A5 - DESAIN PRODUK I
  • PDH2G5 - DESAIN PRODUK II
  • PDH3A5 - DESAIN PRODUK III
  • PDH3F5 - DESAIN PRODUK IV
  • PDH4A5 - DESAIN PRODUK V
  • PDG2B3 - ERGONOMI I
  • PDG2I3 - ERGONOMI II
  • PDG3P3 - PEMINATAN 2 : TOYS
  • PDH4F3 - PILIHAN 4 : MAINAN
  • PDG4H3 - PILIHAN DP2 : TOYS
  • PDG2A5 - STUDIO DESAIN PRODUK I (SEMANTIK & SEMIOTIK)
  • PDG2H5 - STUDIO DESAIN PRODUK II (MEKANIKA SEDERHANA)
  • PDG3A5 - STUDIO DESAIN PRODUK III (PEMBERDAYAAN IKM)
  • PDG3H5 - STUDIO DESAIN PRODUK IV (POTENSI PASAR)
  • PDG4A5 - STUDIO DESAIN PRODUK V (SOSIAL BUDAYA & APLIKASI TEKNOLOGI)
  • PDG4P6 - TUGAS AKHIR
  • C1H4A6 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini