Beberapa tahun terakhir ini, berjamurnya usaha coffee shop di daerah Bandung.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Head of Marketing Toffin dan Ario Fajar bahwa jumlah
kedai kopi di Indonesia meningkat dalam tiga tahun terakhir. Hal ini didasari oleh kebutuhan
anak muda zaman sekarang yang suka berbincang dengan teman atau kerabat dan menikmati
kopi untuk menghabiskan waktu, ada juga yang mengerjakan tugas atau hanya sekedar berswafoto.Sehingga mereka membutuhkan tempat yang nyaman agar betah berlama-lama
menghabiskan waktu. Monday Coffee memiliki keunikan suasana tempat di dalam gudang yang
rustic sehingga memberi pengalaman dan kesan kepada pengunjungnya serta menawarkan
pengalaman menikmati kopi di dalam gudang, yang berbeda dengan kafe lainnya. Di balik
konsep dan nama yang bagus, pemilik kafe, mengeluhkan bahwa meskipun penjualan tetap
berjalan tetapi tidak mencapai target yang diinginkan. Dampaknya adalah berkurangnya
pengunjung yang datang sehingga penjualan tidak mencapai target. Melihat dari masalah
tersebut, yang harus dilakukan pertama kali adalah promosi, sehingga unique selling point dan
keunggulan dari Monday Coffee bisa tersampaikan kepada konsumen.
Pada proses pengerjaan Tugas Akhir ini digunakan metode analisis kualitatif, pencarian
data menggunakan metode studi pustaka, wawancara, kuisioner dan observasi. Hasil penelitian
ini berupa tercapainya target penjualan pada Monday Coffee dan ditemukannya strategi promosi
yang tepat untuk Monday Coffee.