PERANCANGAN PROSES MATERIAL SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN SAP S/4HANA MODUL MATERIAL MANAGEMENT PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN (STUDI KASUS PT XYZ)

JUVENTA NOVISTAKOLINA WANDA

Informasi Dasar

21.04.3735
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor tambang batu bara. PT XYZ telah memiliki sistem (in house development) yang berkaitan dengan persediaan dan suatu kelancaran arus barang ke dalam masing-masing site, akan tetapi sistem tersebut tidak terintegrasi dengan bagian lainnya. Sehingga memiliki beberapa permasalahan yang terjadi seperti perbedaan informasi antara departemen lain, sehingga mereka banyak melakukan transaksi secara manual, seperti dari sisi finance untuk melakukan penjurnalan, data material yang tidak transparansi, pengolahan data tidak secara real-time sehingga terjadi keterlambatan dalam pengiriman. Hal ini membuat proses dalam material supply chain menjadi terhambat. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah merancang konsep Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat mengintegrasikan seluruh proses dalam supply chain handling perusahaan. SAP S/4HANA merupakan salah satu software ERP dengan salah satu modul yaitu Material Management yang dapat memperbaiki proses material supply chain pada PT XYZ. Perancangan SAP S/4HANA modul Material Management menggunakan metodologi Accelerated SAP (ASAP). Hasil akhir penelitian yang dilakukan adalah perancangan untuk proses material supply chain menggunakan SAP S/4HANA yang sudah disesuaikan dan divalidasi dengan proses supply chain handling pada perusahaan.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN PROSES MATERIAL SUPPLY CHAIN MENGGUNAKAN SAP S/4HANA MODUL MATERIAL MANAGEMENT PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN (STUDI KASUS PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUVENTA NOVISTAKOLINA WANDA
Perorangan
MUHARDI SAPUTRA, WARIH PUSPITASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini