Hotel merupakan salah satu komponen yang sangat terpenting dalam industri pariwisata yang menyediakan beranekaragam fasilitas yang dapat menarik minat para tamu untuk berkunjung dan menginap di hotel tersebut. Salah satu outlet yang menghasilkan sumber pendapatan dari sector penjualan minuman adalah bar. Bar mempunyai peranan penting dalam hotel karena bagian ini merupakan salah satu penunjang dalam kegiatan perhotelan khususnya dalam menghasilkan sumber pendapatan dan pelayanan minuman. Bar Waiter merupakan ujung tombak yang menentukan tercapainya tujuan dan kelancaran operasional suatu Bar. Di Bintan Lagoon Resort ditemui beberapa masalah yang terjadi saat operasional bar, antara lain: rasa minuman yang berubah-ubah, serta kertelambatan pengantaran minuman ke meja tamu. Karena hal-hal tersebut penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran bar waiter dalam mendukung operasional bar di Bintan Lagoon Resort, dan apa saja hambatan yang dihadapi bartender ketika bar waiter tidak ada saat oprsional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengobservasi peran bar waiter saat operasional di Bintan Lagoon Resort selama enam bulan, mewawancarai staff, captain restoran, dan assistant bar manager serta melakukan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran dari bar waiter tidak terlaksana dengan baik kerena kurangnya personel waiter di Bintan Lagoon Resort, dari 5 Bar yang ada di Bintan Lagoon Resort, haya ada 5 bartender dan 2 bar waiter. Bartender menghadapi beberapa hambatan kerja ketika bar waiter tidak ada dalam oprsional bar, antara lain: bartender tidak dapat menjangkau tamu di luar area bar counter, yang mengakibatkan sering terjadinya complain tentang keterlambatan penyajian minuman hingga tamu membatalkan pesanannya. Saran Menambah daily worker saat high season sangat direkomendasikan untuk hambatan oprasioanal bar.