Perancangan Karakter Animasi 2D The Old Man Bhisma Sebagai Sarana Untuk Pengenalan Tokoh Wayang Mahabharata Kepada Generasi Muda

KEVIN WISNU WICAKSONO NUGROHO

Informasi Dasar

21.04.3767
791. 43
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Negara Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki keberagaman budaya. Salah satu budaya Indonesia yang terkenal dan bahkan telah diakui oleh UNESCO yaitu wayang. Wayang merupakan kata lain dari seni bayang, yang dengan kata lain mengarah ke jenis wayang kulit. Wayang biasanya menghadirkan kisah terkenal yaitu dari kisah Mahabharata dan juga Ramayana. Namun, sayangnya kisah wayang beserta tokoh-tokohnya ini mulai kurang diminati dan kurang dikenali oleh generasi muda. Nama tokoh wayang yang masih cenderung dikenal yaitu Gatot Kaca, dan Arjuna. Sementara nama-nama lain dalam kisah Mahabharata, masih belum dikenali, apalagi nama leluhur dari Pandawa yang merupakan penyebab terjadinya perang Bharatayudha. Oleh karena itu, penulis membuat media perancangan karakter animasi 2D dengan mengangkat tema wayang beserta tokoh-tokoh penting yang masih belum dikenali, seperti Bhisma salah satunya. Penulis pun melakukan penelitian dengan metode campuran, yaitu meneliti dengan cara observasi tidak langsung, wawancara, dan juga kuesioner untuk meneliti fenomena tersebut dan untuk mengetahui selera visual anak muda masa kini, untuk menjadi acuan referensi dalam perancangan karakter animasi 2 dimensi. Kata Kunci : Wayang, Generasi Muda, Karakter, Animasi 2D.

Subjek

ANIMATION
 

Katalog

Perancangan Karakter Animasi 2D The Old Man Bhisma Sebagai Sarana Untuk Pengenalan Tokoh Wayang Mahabharata Kepada Generasi Muda
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN WISNU WICAKSONO NUGROHO
Perorangan
MUHAMMAD ISKANDAR, ANGELIA LIONARDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

  • SD631043 - ANIMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini