Keberadaan Property perumahan di kota bandung maupun di kota besar lainnya
menimbulkan persaingan di antara perusahaan properti tersebut. Masing-masing
perusahaan properti melalui standar operasional pelayanan dalam melayani
konsumen. Dalam pelayanan, customer service dapat dikatakan sebagai pondasi
dari perusahaan properti, karena nilai pelayanan paling besar ditanggung oleh
customer service. Selain melayani konsumen, customer service juga memiliki
tugas untuk memperkenalkan dan memasarkan produk mereka. Oleh karenanya
setiap perusahaan properti harus memiliki customer service yang mampu bersaing
dan professional dalam menjalankan tugasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pelayanan customer
service terhadap kepuasan pelanggan. Penmelitian ini menggunakan metode
wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada manager marketing,
customer service dan beberapa konsumen dari perusahaan PT. Woodlands
Propertindo, cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keterangan dan
data penelitian. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data mengenai
profil dan struktur organisasi PT. Woodlands Propertindo. Penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif, penelitian ini berangkat dari fakta di lapangan untuk di
generalisasikan berdasarkan teori teori yang ada.
Berdasarkan hasil penelitian, dampak pelayanan customer service terhadap
kepuasan konsumen PT. Woodlands Propertindo dapat dilihat berdasarkan
penilaian konsumen terhadap faktor kualitas pelayanan. Penialaian tersebut dapat
dijadikan tolak ukur bagi pihak perusahaan khususnya Customer Service dalam
memprbaiki pelayananya.
Kata kunci : Customer Service dan Kepuasan Pelanggan