VISUALISASI OSHIBANA SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SCANOGRAPHY

JESSICA OLYVIA PANJAITAN

Informasi Dasar

21.04.3869
111.85
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ide bermula dari ketertarikan penulis terhadap tumbuhan terkhusus bunga, baik bunga hidup, artificial atau dried flower. Kesukaan tersebut membawa pada keingintahuan pada berbagai seni kerajinan yang menggunakan objek bunga dan tumbuhan lainnya yang dinilai mampu menjadi ekspresi pengrajinnya. Mengingat flora di Indonesia sangat melimpah dan dinilai berpotensi besar jika dimanfaatkan dengan baik. Sampailah penulis pada salah satu bentuk seni merangkai bunga oshibana atau bunga pres yang berasal dari Jepang. Berangkat dari teknik tersebut penulis bereksperimen dalam menciptakan bentuk dari ekspresi diri seputar perasaan atau pikiran yang dialami ataupun dari hasil mengamati orang terdekat.

Dalam mengerjakan karya tugas akhir dengan judul “Visualisasi Oshibana sebagai Penciptaan Karya Scanography” yang bertujuan untuk menuangkan ekspresi diri dengan merangkai bentuk dan warna bunga sesuai konsep seputar perasaan dan pikiran orang-orang yang belakangan sering dialami.

Penciptaan karya tugas akhir ini disajikan dalam bentuk lain dari fotografi, yaitu menggunakan teknik scanography (fotografi pemindai) atau disebut scanner-photography. Bertujuan mewujudkan visualisasi oshibana dengan mengeksplorasikan berbagai tumbuhan sekitar khususnya bunga dan gulma yang tampak tidak bernilai menjadi karya fotografi yang menarik dan bernilai estetis hingga menjadi produk komersial.

Kata kunci: oshibana, scanography, bunga, gulma, fotografi.

Subjek

AESTHETICS
 

Katalog

VISUALISASI OSHIBANA SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SCANOGRAPHY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JESSICA OLYVIA PANJAITAN
Perorangan
Didit Endriawan; Dyah Ayu Wiwid Sintowoko
 

Penerbit

Universitas Telkom, Bandung
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini