PERANCANGAN MANPOWER PLANNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX PADA DIVISI AUDIT (COMPLIANCE) DEPARTEMEN FINANCE CONTROL & COMPLIANCE DI PETROCHINA INT JABUNG LTD.

NADIAH AYU FAUZIYAH

Informasi Dasar

21.04.3936
620.82
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Petrochina Intl Jabung Ltd adalah perusahaan minyak dan gas terbesar di China, yang aktivitas operasinya meliputi ekplorasi, pengembangan, produksi, dan pemasaran minyak mentah serta gas alam, termasuk kilang, transportasi, penyimpanan, pemasaran produk migas serta derivasinya di Indonesia. Studi ini menganalisis beban kerja mental di Divisi Audit Departemen Finance Control & Compliance di Petrochina Intl. Jabung Ltd. Divisi Audit ini bertugas dalam mengaudit data -data pemasukan atau pengeluaran di Perusahaan PetroChina . Dalam Divisi ini mengalami kelelahan yaitu dikarenakan beban kerja pegawai divisi Audit yang sangat tinggi karena kurangnya jumlah pegawai di bagian Supervisor dan staf auditor yang bertugas dalam bagian Government. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis beban kerja dan menentukan usulan sumber daya manusia di dalam divisi Audit. NASA-TLX digunakan karena objek penelitian menghasilkan output berupa proses kerja dan dapat digunakan untuk meneliti tugas pekerjaan yang berbeda.Tahap pada penelitian dilakukan pendahuluan perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data menggunakan NASA-TLX dan perancangan kebutuhan tenaga kerja. Hasil dari penelitian dalam pengukuran beban kerja mental pada divisi audit diketahui bahwa Manager memiliki beban kerja tinggi (74,00%), Superintendent memiliki beban kerja Sangat Tinggi (84,00%), Supervisor (Government) memiliki beban kerja Sangat Tinggi (93,33%), Sekretaris memiliki beban kerja tinggi (80,67%), dan Staff Auditor memiliki beban kerja tinggi (90,67%). Berdasarkan beban kerja yang diukur, Petrochina membutuhkan tujuh orang pegawai untuk divisi audit. Jumlah tersebut lebih dua pegawai dari kondisi eksisting perusahaan yang memiliki lima orang pegawai.Sehingga penelitian memiliki ouput usulan tenaga kerja, usulan Job Specification dan usulan Job Description.Implikasi Manajerial pada penelitian ini adalah Pihak perusahaan dapat mempertimbangkan penambahan tenaga kerja lalu memeriksa keadaan supply manpower di dalam internal perusahaan.

Kata Kunci : Beban Kerja Mental, Perancangan Sumber Daya Manusia, NASA-TLX, Eksternal Audit

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

PERANCANGAN MANPOWER PLANNING DENGAN MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX PADA DIVISI AUDIT (COMPLIANCE) DEPARTEMEN FINANCE CONTROL & COMPLIANCE DI PETROCHINA INT JABUNG LTD.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIAH AYU FAUZIYAH
Perorangan
Christanto Triwibisono, Litasari Widyastuti Suwarsono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini