PT. Telkom Prima Cipta Certifia (TelkomPCC) merupakan salah satu lembaga yang menyediakan sertifikasi, pelatihan, dan konsultasi di bidang Information, Communication, Technology, Business & Management (ICTBM). Digitalisasi telah dikembangkan di berbagai sektor publik begitupun di TelkomPCC. Namun, saat ini unit MPS TelkomPCC belum sepenuhnya menerapkan teknologi informasi, masih terjadi kendala dalam melakukan pencatatan data secara manual dan penyimpanan data yang akan terjadi redudansi. Selain itu belum terintegrasi dengan unit lainnya, sehingga memungkinkan adanya human error serta kurangnya akurasi data yang menyebabkan pencatatan data dalam pengelolaan pelanggan menjadi lebih lambat. Hal ini juga dapat berdampak pada citra perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan pengembangan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) yang mampu mengintegrasikan proses pengelolaan pelanggan dengan proses bisnis lainnya.
Adapun perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan Odoo. Odoo merupakan salah satu software bisnis yang open source dengan menyediakan banyak fitur dan modul yang tersedia dengan. Modul yang digunakan adalah modul Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu modul yang terpenting di Odoo yang akan membantu untuk pengelolaan data customer pada pipeline dan proses quotation. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quickstart.
Penelitian ini berfokus pada perancangan sistem ERP pada Unit Marketing Product and Sales (MPS) TelkomPCC dalam pengelolaan pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah sistem ERP yang berjalan pada kegiatan alur pengelolaan pelanggan dari penawaran menjadi closing hingga Sales Order (SO). Proses tersebut akan terintegrasi dengan modul accounting dan project.
Kata Kunci - ERP, CRM, MPS, Odoo, Quickstart