PERANCANGAN DAN REALISASI SISTEM OTOMASI MANAJEMEN KONFIGURASI JARINGAN MENGGUNAKAN ANSIBLE DAN ELASTICSEARCH (STUDI KASUS: BAGIAN PENGEMBANGAN JARINGAN DI DIREKTORAT SISTEM INFORMASI TELKOM UNIVERSITY DI GEDUNG TOKONG NANAS)

DIMAS BAYU MAULANA

Informasi Dasar

21.06.548
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Direktorat Sistem Informasi (SISFO) Telkom University (Tel-U) merupakan sebuah unit yang memberikan layanan infrastruktur teknologi informasi dan layanan interkoneksi jaringan (intranet dan Internet) guna medukung proses bisnis di Telkom University. Pada saat ini di SISFO, proses konfigurasi perangkat jaringan, manajemen pembaharuan konfigurasi dan analisa hasil manajemen konfigurasi masih dilakukan secara manual. Seiring jumlah perangkat jaringan yang ada, proses konfigurasi membututhkan waktu dan proses analisa hasil konfigurasi menjadi lebih komplek.

Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan suatu studi kasus rancangan sistem otomasi konfigurasi dan analisa konfigurasi yang mampu direalisasikan melalui emulasi berdasarkan jaringan di SISFO dengan topologi di Gedung Tokong Nanas. Secara agentless, sistem otomasi konfigurasi dibangun menggunakan Ansible melalui metode push dan pendekatan declarative. Sistem ini ditampilkan pada web UI Semaphore lalu hasil log diolah menggunakan Elasticsearch yakni search dan analytics engine dan Kibana sebagai visualisasi data. Yaml digunakan sebagai bahasa pemprogram utama pada sistem ini, mampu melakukan otomasi perangkat jaringan sekaligus pelaporan log dan konfigurasi.

Hasil dari pengujian sistem ini Ansible mampu mengkonfigurasi konfigurasi vlan, pencatatan log dari perangkat jaringan dan menampilkan visualisasi log informasi dan konfigurasi perangkat jaringan dengan durasi eksekusi 20 menit 12 detik pada 7 perangkat vendor Cisco dan durasi eksekusi 5 menit 14 detik pada sebuah perangkat vendor Mikrotik, sehingga mampu menngurangi lama waktu dalam pengelolaan jaringan.

Kata Kunci: Ansible, Elasticsearch, otomasi, yml, konfigurasi jaringan

Subjek

NETWORK MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI SISTEM OTOMASI MANAJEMEN KONFIGURASI JARINGAN MENGGUNAKAN ANSIBLE DAN ELASTICSEARCH (STUDI KASUS: BAGIAN PENGEMBANGAN JARINGAN DI DIREKTORAT SISTEM INFORMASI TELKOM UNIVERSITY DI GEDUNG TOKONG NANAS)
 
xi, 46p.: ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS BAYU MAULANA
Perorangan
Asep Mulyana, Sakti Putro Wiseto
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini