PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK MODERN UNTUK ANAK ANAK

FADHILAH FATAN FAUZAN

Informasi Dasar

82 kali
21.04.4137
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Aplikasi Augmented Reality (AR) mengenai alat musik ini didasarkan untuk mengenalkan alat musik kepada anak anak sekolah dasar. Tujuan pengenalan alat alat musik berbasis AR ini adalah menjadi alternatif dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan para siswa sekolah dasar melakukan proses belajar secara online dirumah. Dengan menggunakan aplikasi AR pembelajaran mengenai alat musik diharapkan dapat menjadi alternatif yang memudahkan siswa SDN Nambo 02 Bogor dalam mengenal berbagai jenis alat musik saat belajar online. Pembuatan AR sebagai media pembelajaran alat musik menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi AR sebagai media pembelajaran alat musik yang mampu menampilkan bentuk model 3D alat musik, pemutar audio, materi umum alat musik dan game. Hasil dari pengujian fungsionalitas menunjukan semua komponen aplikasi berfungsi dengan baik. Untuk pengujian efektivitas mendapatkan persentase nilai 88% sehingga aplikasi masuk dalam kategori sangat efektif.

Kata Kunci : Augemented Reality, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Alat Musik

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK MODERN UNTUK ANAK ANAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILAH FATAN FAUZAN
Perorangan
Rio Korio Utoro, Yahdi Siradj
 

Penerbit

Universitas Telkom, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini