PENGARUH PERFORMANSI KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

MUHAMMAD RIYADHI NASHRULLAH

Informasi Dasar

21.04.4167
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Upaya perusahaan untuk mendapat tambahan modal dari pihak luar (investor) guna menginvestasikan modalnya kedalam bentuk investasi saham. Saham merupakan instrumen surat berharga dan bukti kepemilikan individu maupun institusi pada perusahaan. Harga saham senantiasa berubah tergantung faktor penentunya baik terhadap variabel internal maupun eksternal perusahaan. Variabel internal mengacu pada kinerja keuangan perusahaan sedangkan variabel eksternal kepada praktek tanggung jawab sosial perusahaan. Keputusan tepat menjadi hal penting dalam menghindari konflik kepentingan dan menjadi pertimbangan bagi pemegang saham atau calon pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh performansi keuangan (yang diproksikan Current Ratio, Return on Asset, Debt to Equity Ratio, dan Total Asset Turnover),ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel yang diteliti berjumlah 14 perusahaan. Variabel dependen penelitian ini yaitu: Harga Saham, sementara variabel independennya yaitu: Current Ratio, Return on Asset, Debt to Equity Ratio, Total AssetTurnover, Firm Size dan Dividen Payout Ratio. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel menggunakan software aplikasi Eviews versi 12 (student version). Hasil uji hipotesis variabel Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan arah positif. Variabel Return on Asset dan Total Asset Turnover secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif, kemudian variabel Firm Size dan Dividen Payout Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap Harga Saham. Sementara secara simultan variabel CR, ROA, DER, TATO, FSIZE dan DPR berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Harga Saham. Faktor pengembalian jumlah aset dan perputaran modal yang lebih likuid menjadikan elemen penting bagi kontribusi serta pengambilan keputusan berinvestasi kepada para investor dan pihak manajemen perusahaan guna memperoleh hasil optimal jangka panjang. Para stakeholder yang berkepentingan dapat memanfaatkan jumlah perolehan aset dan modal sendiri terhadap laju peningkatan laba perusahaan. Hal ini akan berdampak pada semakin naiknya harga saham sektor property dan real estate.

Kata kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Dividen Payout Ratio, Firm Size, Harga Saham, Return on Asset, Total Asset Turnover.

Subjek

FINANCE AND ACCOUNTING
PERFORMANCE MANAGEMENT, FINANCIAL ACCOUNTING, MEASUREMENT, SAHAM, PROPERTIES,

Katalog

PENGARUH PERFORMANSI KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIYADHI NASHRULLAH
Perorangan
Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini