Kemajuan teknologi hingga saat ini sudah tidak dapat dihindari karena seiring dengan perkembangan waktu maka teknologi pun semakin berkembang. Sehingga pada saat ini segala hal mampu menjadi lebih cepat dan efisien terutama dalam kegiatan manusia sehari harinya. Sudah banyak sekali hal inovasi-inovasi teknologi yang lahir akibat kemajuan teknologi pada zaman sekarang, salah satunya adalah yang saat ini sedang pesat berkembang adalah sosial media.
TikTok dapat membantu semua orang untuk memperoleh pengetahuan agar mencapai pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, mereka dapat memainkan peran besar dalam komunikasi perubahan perilaku. Kampanye TikTok terkait pencemaran lingkungan, perubahan iklim, kekerasan terhadap perempuan, penyalahgunaan zat, pekerja anak, pernikahan dini dan paksa, kesetaraan gender, dll. Dapat membantu meningkatkan kesadaran dan mengubah pola pikir.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada tiga ratus delapan puluh lima responden dan pengumpulan data primer dengan teknik sampling. Responden yang terlibat yaitu pengguna aplikasi TikTok yang mengetahui hashtag #samasamabelajar.
Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media sosial TikTok melalui hashtag #samasamabelajar dapat memenuhi kebutuhan informasi masyarakat di Jawa Barat.
Diharapkan bagi penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambahkan variabel-variabel lain yang dinilai memiliki kaitannya dengan objek yang diteliti seperti perilaku remaja atau web quality, sehingga dapat menjelaskan hal lain dari objek yang diteliti.
Kata kunci: Media Sosial, Hashtag, Kebutuhan Informasi.