PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BUKALAPAK

VALDI WISHAL WIJAYA

Informasi Dasar

102 kali
21.04.4280
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bukalapak adalah e-commerce yang didirikan oleh Achmad Zaky di awal tahun 2010. Bukalapak yang dulunya pernah mencetak nilai kepuasan pelanggan tertinggi di tahun 2017, namun ditahun 2021 posisi Bukalapak berada dibawah pesaingnya. Bahkan menurut Top Brand Index E-commerce, Bukalapak berada diurutan terbawah selama 3 tahun berturut-turut dan tidak mengalami kemajuan dibandingkan dengan para pesaingnya seperti shopee, lazada, dan tokopedia yang selalu saling berebut posisi antar satu sama lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan dalam mempengaruhi Brand Loyalty. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan tujuan penelitian berbentuk penelitian eksperimen. Data terkumpul sebanyak 110 responden, yang berdomisili di Bandung, merupakan pengguna Bukalapak dan pernah melakukan transaksi pembelian di Bukalapak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menurut persepsi konsumen sudah dalam kategori baik, variabel kepuasan pelanggan menurut persepsi konsumen sudah dalam kategori baik, variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menyarankan untuk Bukalapak memperhatikan UI dan UX dari aplikasi ataupun websitenya, dengan design web atau aplikasi yang menarik dan mempunyai fungsionalitas yang baik diharapkan bukalapak dapat meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber atau referensi yang terkait dengan dimensi variabel tersebut dan menambahkan variabel dependen lain seperti loyalitas.

Kata kunci: kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan

Subjek

SERVICE MANAGEMENT-QUALITY
CUSTOMER SATISFACTION,

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BUKALAPAK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VALDI WISHAL WIJAYA
Perorangan
Nurvita Trianasar, Gina Goniah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telkomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini