Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya yang melimpah.
Dengan letak geologisnya Indonesia memiliki banyak gunung yang masih aktif,
keadaan alam di wilayah Indonesia ditandai dengan beberapa relief yang
memiliki morfologi alam. Indonesia memiliki iklim pegunungan yang lembap
dan sejuk pun menjadikan Indonesia memiliki potensi besar untuk memfasilitasi
kegiatan alam. Salah satunya merupakan kegiatan hiking. Hiking merupakan
suatu kegiatan yang dilakukan di gunung atau dataran tinggi. Kegiatan hiking
tersebut membuat terbentuknya komunitas pecinta alam seperti Riksa Bumi,
NAPALLIMA, dan HIMSIPAL. Anggota pecinta alam tidak hanya laki-laki
namun seiring perkembangan, hikers wanita pun sudah cukup bertambah
jumlahnya dan tidak sedikit diantara hikers wanita tersebut merupakan wanita
muslim yang diharuskan menutupi lekuk tebuh dengan pakaian modest. Para
pelaku hikers wanita yang diteliti sebagai anggota pecinta alam melakukan
kegiatan hiking dengan medan yang landai yang disebut hill walking. Hikers
wanita biasanya memakai pakaian sportswear untuk memenuhi kegiatan hill
hiking. Sedangkan pakaian outdoor khusus hiking tidak dikenakan oleh para
pelaku sebab menyesuaikan dengan jenis kegiatan hiking yang dilakukan. Tidak
adanya ketersediaan produk sportswear yang dikhususkan untuk kegiatan hiking,
menjadikan peluang bagi penulis untuk merancangan produk sportswear yang
sesuai dengan kebutuhan para pelaku. Penelitian ini bertujuan untuk
mempelajari fenomena hikers wanita dengan kebutuhan produk pakaian untuk
hiking yang mampu menutupi lekuk tubuh dan merancang produk modest
sportswear untuk menunjang kebutuhan hikers wanita. Penelitian yang
digunakan oleh penulis menggunakan metode kualitatif, wawancara, observasi,
dan eksplorasi sebagai teknik untuk perancangan produk. Perancangan produk
modest sportswear ini memiliki konsep yang terinspirasi dari alam di kota
Bandung dengan tema yang dikhususkan untuk hiking, karena hasil dari
penelitian dibuktikan banyaknya local brand sportswear yang berkembang di
kota Bandung. Selain itu, diperkuat dengan identitas target market pecinta alam
yang menjadikan kota Bandung sebagai sasaran lokasi untuk dilakukannya
hiking dengan medan landai atau disebut hill walking.
Kata kunci :Hikers wanita, sportswear, modest.