Di awal tahun 2020 dunia dilanda oleh virus Covid-19, penyebaran virus ini
berdampak besar terhadap seluruh sektor di seluruh dunia termasuk sektor ekonomi
pun turut terkena dampaknya. Fenomena yang terjadi ini membuat masyarakat
mengubah gaya hidupnya. Hal tersebut karena adanya pembatasan aktivitas dari
pemerintah yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus tersebut, sehingga
akhirnya masyarakat hanya dapat melakukan pembelian barang melalui online. Hal
tersebut menjadi keuntungan bagi jasa kurir barang seperti JNE. Tetapi di tengah
melonjak nya pengiriman barang, JNE justru mengalami keluhan yang cukup tinggi.
Selain itu saat ini perusahaan jasa pengiriman sangat beragam. Maka dari itu
diperlukan daya saing lebih untuk JNE, salah satunya dengan memperbanyak promosi
dan meningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat
pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen dalam
menggunakan jasa pengiriman JNE.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear
berganda. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 385
responden dengan sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah
menggunakan jasa layanan JNE saat melakukan pembelian barang di e-commerce.
Teknik sampling yang digunakan purposive sampling.
Setelah melakukan penelitian dengan metode yang telah disebutkan, didapatkan
hasil bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, begitu
pula dengan kualitas pelayanan yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian.