Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Hierarki Respon (Studi Menggunakan Visibility, Credibility, Attraction, dan Power pada Akun Twitter Adorable Project Tahun 2012)

ANNISHA ANWAR

Informasi Dasar

13.04.510
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Celebrity Endorser adalah tokoh (actor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukung. Penggunaan endorser dalam pemasaran dimaksudkan agar pesan dalam iklan lebih mudah diterima oleh konsumen, sekaligus mempermudah tumbuhnya keyakinan dalam diri konsumen atas produk yang diiklankan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen Adorable Project terhadap Rangga sebagai Celebrity Endorser dan seberapa besar pengaruh Celebrity Endorser terhadap hierarki respon. Untuk mengukur persepsi konsumen dengan menggunakan VisCAP model yang terdiri dari Visibility, Credibility, Attraction, dan Power. Dan untuk mengukur seberapa besar pengaruh Celebrity Endorser terhadap hierarki respon dengan menggunakan AIDA yang terdiri dari Attention Interest, Desire, dan Action pada Adorable Project. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability sampling yaitu tidak memberikan kesempatan yang sama atau peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Analisis data yang digunakan dalam pembahasan penelitian ini adalah Analisis Jalur/Path Analysis. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Penulis menggunakan Skala Likert karena skala ini dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok. Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari sub-variabel Visibility pada Celebrity Endorser Rangga terhadap Hierarki Respon. Setelah dilakukan Trimming, sub-variabel Credibility, Attraction, dan Power secara simultan berpengaruh sebesar 40,3% terhadap Hierarki Respon. Secara parsial, Credibility berpengaruh signifikan sebesar 26,4%, Attraction sebesar 20,5%, dan Power sebesar 30% terhadap Hierarki Respon.

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
COMMUNICATION IN MARKETING-PROMOTION, MARKETING MANAGEMENT

Katalog

Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Hierarki Respon (Studi Menggunakan Visibility, Credibility, Attraction, dan Power pada Akun Twitter Adorable Project Tahun 2012)
-
xiii, 112p.: il.; 21,5cm+ lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISHA ANWAR
Perorangan
Jurry Hatammimi
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] SMTM, Institut Manajemen Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini