Masa pandemi seperti sekarang ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran disekolah menjadi
ditiadakan dan gantinya berupa pembelajaran secara daring. SMPN 1 Tambelang membutuhkan
sebuah media pembelajaran yang mampu menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring,
terutama untuk mata pelajaran IPA untuk kelas VIII pada pembahasan sistem gerak manusia.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran dengan menerapkan teknologi
Augmented Reality (AR). Aplikasi media pembelajaran ini dapat digunakan pada handphone
dengan sistem operasi android serta aplikasi tersebut sudah dilengkapi dengan tampilan desain
grafis yang telah memenuhi konsep desain UI/UX. Fitur AR pada aplikasi ini berkerja dengan cara
memindai sebuah image target (penanda) dari buku saku yang akan diberikan, kemudian objek 3D
dari image target tersebut akan muncul diatas image taget itu sendiri. Objek 3D tersebut dapat
dirotasi dan diatur besar kecilnya oleh pengguna, serta akan diberikan informasi mengenai objek
3D tersebut. Pembuatan aplikasi media pembelajaran menggunakan metode RGD yang
menggunakan tiga proses pengerjaan yaitu pre-production, production dan product launch.
Aplikasi media pembelajaran sistem gerak manusia telah melewati proses pengujian fungsionalitas
dan menunjukan setiap fungsionalitas yang terdapat pada aplikasi tersebut dapat berjalan dengan
semestinya dan pengujian image target guna mengukur jarak optimal agar objek virtual dapat
dimunculkan dan jarak optimal agar objek visual 3 dimensi dapat dimunculkan yaitu 7 cm – 60
cm. Aplikasi media pembelajaran sistem gerak manusia juga telah telah melewati proses uji oleh
user dengan menggunakan metode (UEQ) dengan mendapatkan nilai rata – rata impresi pada
kelompok pertanyaan kejelasan sebesar 2,152 dari skala 3 yang menunjukan bahwasanya aplikasi
tersebut masuk ke dalam kategori baik.
Kata kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Desain UI/UX, RGD, UEQ.