ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang pesat membuat banyak perusahaan berlomba-lomba menangkap setiap peluang bisnis yang ada. PT Aksama Brewu Berkah yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce busana muslim. Perusahaan ini memiliki 20 sumber daya manusia, salah satunya divisi Customer service (CS) yang dituntut untuk terus melakukan kegiatan berupa menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan secara manual, yang membutuhkan ketelitian dan kecepatan secara berulang-ulang.
Dengan permasalahan di atas, penulis mencoba mengembangkan Robotic Process Automation (RPA) yang digunakan untuk melakukan pekerjaan Customer service (CS) yang bekerja sama dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dengan memanfaatkan Natural language Processing (NLP) sebagai sistemnya. RPA digunakan untuk mengotomatisasi proses kerja Customer service (CS) seperti menginput data pelanggan, mengambil data pelanggan, dan mengecek data pelanggan. Sedangkan chatbot sebagai salah satu media bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan perusahaan. Agar chatbot memahami pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan, penulis menggunakan platform Natural language Processing (NLP) yang disebut Google Dialogflow.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis berhasil membuat sistem Virtual Customer service yang terintegrasi mengikuti proses bisnis perusahaan saat ini. Dengan hasil tes berupa skor 83,60% dari 100%. Yang artinya “layak” untuk menggantikan proses bisnis saat ini di perusahaan.
Kata kunci: RPA (Robotic Process Automation), Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), Customer service (CS)