Tokopedia merupakan salah satu pelopor e-commerce yang ada di Indoesia dan merupakan salah satu e-commerce buatan Indonesia. Beberapa tahun lalu Tokopedia mengangkat BTS sebagai brand ambassador Tokopedia. Untuk memperluas jangkauan iklan, tidak hanya menggunakan iklan di media sosial tetapi juga iklan pada media luar ruang juga diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas urban panel ad, backlit ad, interior display ad, exterior display ad Tokopedia X BTS di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta menggunakan metode Customer response index (CRI). Metode CRI adalah alat untuk mengukur efektivitas periklanan melalui lima sub variabel progresif yaitu awareness, comprehend, intereset, intention dan action Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Dengan populasi penelitian yaitu masyarakat Jakarta yang pernah melihat iklan Tokopedia X BTS di Stasiun MRT Bundaran HI, dengan jumlah sampel 400 responden, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Exterior display ad Tokopedia X BTS merupakan iklan yang paling efektif dibandingkan dengan urban panel ad, backlit ad, dan interior display ad Tokopedia X BTS di Stasiun MRT Bundaran HI yaitu dengan nilai CRI sebesar 41,8%.
Kata kunci : Efektivitas Iklan, iklan media luar ruang, Customer Response Index, e-commerce