Industri telekomunikasi menjadi salah satu industri prioritas yang menjadi andalan pemerintah dalam pembangunan industri nasional tahun 2015-2035. Industri Andalan, merupakan industri prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama (prime mover) perekonomian di masa yang akan datang. Dibutuhkan modal dasar berupa sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, inovasi, dan kreativitas dalam rangka mencapai tujuan pembangunan industri nasional tersebut.
Strategic Innovation Management mengacu pada keseluruhan rangkaian praktik inovatif yang turut melibatkan analisis mekanisme persaingan, seperti menciptakan visi inovatif, menyelaraskan strategi bisnis, memperluas strategi ke semua tingkat organisasi, kecenderungan pasar, teknologi dan tindakan pesaing. Firm Innovation Performance merupakan pengukuran efisiensi inovasi (jumlah produk baru, kebaruan produk, kecepatan pengembangan produksi baru dan rasio keberhasilan produk baru di pasar), dan profitabilitas inovasi (proporsi pendapatan profuk baru, peningkatan kualitas, pengurangan biaya dan kemajuan nilai tambah) yang telah dilakukan oleh perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak dari Innovation Strategy, Organizational Structure, Innovation Culture, Technological Capability, dan Customer and Supplier Relationship yang muncul dalam literature sebagai praktik dari Strategic Innovation Management terhadap Firm Innovation Performance.
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dari perspektid praktik dalam jenis penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang valid dan dapat diandalkan. Dalam penelitian ini melibatkan 94 respondendari 843 populasi yang ada. Terdiri dari perwakilan 4 sub sektor industri telekomunikasi yaitu jaringan tetap, jaringan bergerak, jasa telekomunikasi, dan telekomunikasi khusus. Analisis deskriptif dari jawaban kuesioner menunjukkan bahwa industri telekomunikasi telah menerapkan praktik Strategic Innovation Management. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Innovation Culture, Technological Capability, dan Customer and Supplier Relationship secara signifikan berpengaruh terhadap Firm Innovation Performance.
Kata kunci: Firm Innovation Performance, Innovation Culture, Technological Capability, Customer and Supplier Relationship, Innovation Strategy, Organiational Capability