Perkembangan internet dan smartphone terus berkembang seiring dengan
perkembangan zaman dan telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Seiring
meningkatnya perkembangan internet dan smartphone, maka banyak restoran atau
rumah makan menjual produknya melalui online. Hal itu membuat masyarakat
menjadi terbantu dalam melakukan pemesanan makanan tanpa harus datang
langsung ke restoran dan antre. Dengan adanya aplikasi pesan antar makanan secara
online, maka sangat membantu masyarakat yang tinggal di kota-kota besar terutama
di Kota Bogor yang memiliki tingkat kemacetan yang tinggi.
Penelitian ini memiliki 8 variabel yaitu hedonic motivation, price saving
orientation, time saving orientation, prior online purchase experience, convenience
motivation, post usage usefulness, attitude towards OFD service dan behavioral
intention towards OFD service. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh antar variabel hedonic motivation dengan convenience motivation,
hedonic motivation dengan post usage usefulness, prior online purchase experience
dengan convenience motivation, prior online purchase experience dengan post
usage usefulness, price saving orientation dengan convenience motivation, price
saving orientation dengan post usage usefulness, time saving orientation dengan
convenience motivation, time saving orientation dengan post usage usefulness,
convenience motivation dengan post usage usefulness, convenience motivation
dengan attitude towards OFD service, convenience motivation dengan behavioral
intention towards OFD service, post usage usefulness dengan attitude towards
OFD service, post usage usefulness dengan behavioral intention towards OFD
service dan attitude towards OFD service dengan behavioral intention towards
OFD service.
Sampel yang digunakan di penelitian ini berjumlah 200 responden yang
merupakan pengguna aplikasi online food delivery (OFD). Pengumpulan responden
menggunakan teknik sampling non-probabilitas, yaitu snowball dan jumlah item
kuesioner berjumlah 28 pertanyaan. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian
ini adalah PLS-SEM dengan software WarpPLS 7.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang mempengaruhi niat perilaku
konsumen menggunakan layanan pesan antar makanan secara online di Kota Bogor
adalah Convenience Motivation, Post Usage Usefulness dan Attitude Towards OFD
Services. Faktor Convenience Motivation dipengaruhi oleh Prior Online Purchase
Experience dan Time Saving Orientation. Faktor Post Usage Usefulness
vi
dipengaruhi oleh Hedonic Motivation, Prior Online Purchase Experience dan
Convenience Motivation. Faktor Attitude Towards OFD Services dipengaruhi oleh
Convenience Motivation dan Post Usage Usefulness.
Untuk perusahaan OFD diharapkan untuk memperhatikan kinerja layanan
pesan antar makanan seperti memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi
konsumen dengan menciptakan pengalaman berbelanja yang mengesankan dan
menjaga efektivitas pelayanan pesan antar makanan.