PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK FORTUNA TENUN IKAT BALI MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

NI NYOMAN PUTRI AYU PRAMESTI

Informasi Dasar

78 kali
22.04.004
658.84
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fortuna merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang fashion dengan memproduksi dan menjual produk Kain Tenun Ikat Bali. Kontribusi penjualan terbesar Fortuna sampai saat ini yaitu penjualan melalui offline karena penjualan melalui online masih dirasa kurang, hal tersebut dikarenakan jumlah rata-rata penjualan melalui online hanya 15 unit perbulannya. Dalam melakukan penjualan pihak Fortuna perlu untuk melihat pesaingnya, jika dilihat dari jumlah followers Instagram, Fortuna memiliki followers yang sangat sedikit dibandingkan dengan kompetitornya. Hal tersebut juga mengindikasi kurangnya awareness masyarakat terhadap Fortuna. Menciptakan awareness serta pengetahuan mengenai produk dapat dilakukan melalui komunikasi pemasaran. Fortuna telah menerapkan enam bauran komunikasi pemasaran dari delapan bauran komunikasi yang ada namun belum diterapkan secara optimal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan volume penjualan yang cenderung mengalami penurunan dan tidak memenuhi target penjualan pada bulan November 2019 hingga Agustus 2020. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perbaikan program komunikasi pemasaran menggunakan metode benchmarking dan tool Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengolahan data untuk menentukan partner benchmark terpilih menggunakan tool AHP. Metode benchmarking dilakukan untuk mengetahui gap program komunikasi pemasaran Fortuna dengan partner benchmark terpilih. Analisis gap kemudian akan dikembangkan menjadi atribut kebutuhan. Pada penelitian ini dihasilkan 15 atribut kebutuhan yang dijadikan acuan dalam merancang rekomendasi perbaikan program komunikasi pemasaran untuk Fortuna.

Kata Kunci: Program Komunikasi Pemasaran, Benchmarking, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK FORTUNA TENUN IKAT BALI MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN TOOL ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI NYOMAN PUTRI AYU PRAMESTI
Perorangan
Husni Amani, Ima Normalia Kusmayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini