Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Lembaga, dan Religiusitas terhadap Minat Muzakki Kota Bandung Membayar Zakat di Rumah Zakat

QURROTU AINI

Informasi Dasar

22.04.010
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu permasalahan yang sejak lama terjadi di Indonesia adalah masalah perekonomian. Dalam sudut pandang Islam, potensi zakat di Indonesia masih sangat besar perannya untuk membantu pergerakan ekonomi. Peran Lembaga Amil Zakat (LAZ) sebagai pengelola zakat harus mampu melayani muzakki dengan baik, memiliki citra lembaga yang baik dan dapat dipercaya, serta muzakki-nya memiliki ikatan yang kuat dengan Tuhan dimana faktor tersebut dapat mempengaruhi minat muzakki dalam membayar zakat. Selain itu, Kota Bandung merupakan kota dengan pelaksanaan ZIS tertinggi dibanding kota lainnya di Jawa Barat sehingga potensi zakatnya pun besar. Namun, Rumah Zakat sebagai LAZ menerima dana zakat yang jumlahnya masih jauh jika dibandingkan dengan target dan secara keseluruhan nasional. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, citra lembaga, dan religiusitas terhadap minat muzakki Kota Bandung dalam membayar zakat di Rumah Zakat. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan strategi yaitu survei, unit analisis yaitu individu, keterlibatan minimal, berlatarkan non-contrived, dan menggunakan metode cross sectional. Populasi penelitian ialah masyarakat Kota Bandung yang memenuhi syarat sebagai muzakki dan pernah melakukan pembayaran zakat di Rumah Zakat. Penelitian menggunakan jenis nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Adapun teknik analisis data penelitian menggunakan SEM-PLS dimana kualitas layanan dan citra lembaga menggunakan second order yang datanya diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki sedangkan citra lembaga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzakki. Citra lembaga berpengaruh paling besar terhadap minat muzakki. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, Rumah Zakat diharapkan memperkuat branding logonya dengan menaruhnya di berbagai atribut media untuk meningkatkan minat muzakki dalam berzakat.

Kata kunci: kualitas layanan, citra lembaga, religiusitas, minat

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Lembaga, dan Religiusitas terhadap Minat Muzakki Kota Bandung Membayar Zakat di Rumah Zakat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QURROTU AINI
Perorangan
ADHI PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini