ANALISIS PERBANDINGAN BRAND EQUITY JUAL BELI ONLINE PADA APLIKASI TOKOPEDIA DAN SHOPEE DI KOTA BANDUNG

FAVIAN MUHAMMAD GAUS

Informasi Dasar

149 kali
22.04.307
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi internet saat ini yang sangat bertumbuh bersamaan dengan banyaknya kebutuhan konsumen dalam memenuhi kebutuhan membuat para perusahaan memanfaatkan momentum tersebebut dengan cara membuat sebuah platfrom tempat konsumen melakukan aktivitas jual beli tanpa harus bertemu langsung dengan adanya e-commerce memudahkan pelanggan untuk bertransaksi tanpa harus terhalang oleh waktu dan kondisi dan dengan mudahnya pembayaran pada saat ini membuat aplikasi jual beli online sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Penelitian ini mengambil objek perbandingan Brand Equity Tokopedia dan Shopee di kota bandung, dikarenakan kedua aplikasi tersebut banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi pembelian dan penjualan online dan kedua e-commerce tersebut merupakan kompetitor yang sedang bersaing di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan ekuitas merek e-commerce Shopee dan Tokopedia, ekuitas merek sendiri memiliki empat dimensi diantaranya adalah Perceived Quality, Brand Association, Brand Awareness dan Brand Loyalty. Riset ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan kuesioner Metode Sampling Purposive dengan mengambil Sampel tergadap 100 Responden. Teknik Analisis Data menggunakan analisis deskriptif dan Uji Man Whityney data menggunakan IBM 26 SPSS Statistik. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan dapat disimpulkan adanya perbedaan brand equity tokopedia dan shopee dilihat berdasarkan dimensi yang dimana tokopedia lebih unggul dari dimensi Brand Loyalty sedangkan shopee sendiri lebih tinggi dari segi dimensi Brand Awareness, Brand Association dan Perceived Quality dari tokopedia. Tokopedia dapat meningkatkan ketiga dimensi tersebut dengan cara melakukan promosi menggunakan sosial mereka, memberikan edukasi mengenai aplikasi mereka dan juga menggunakan influencer untuk mempermudah promosi tentang aplikasi tokopedia sedangkan untuk shopee sendiri dapat melakukan pemberian hadiah kepada membership yang telah lama bertransaksi di aplikasi mereka.

Subjek

Management - marketing - planning
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN BRAND EQUITY JUAL BELI ONLINE PADA APLIKASI TOKOPEDIA DAN SHOPEE DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAVIAN MUHAMMAD GAUS
Perorangan
Adhi Prasetio
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomuniksi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini