Identifikasi Faktor-faktor Penggunaan Layanan CIMB Mobile Banking oleh Nasabah di Kota Bandung

RAHMAT KHAFIDHIN

Informasi Dasar

70 kali
13.04.609
658.57
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perbankan merupakan salah satu industri yang penting bagi perekonomian suatu negara. Selain sebagai lembaga perantara, bank juga menyediakan jasa. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi pada perkembangan jasa dari industri perbankan, termasuk layanannya. Seperti pada layanan mobile banking. Untuk itu perlu adanya penelitian mengenai faktor apa saja yang menjadi landasan pengembangan layanan mobile banking agar bisa bersaing dengan kompetitornya, seperti yang dilakukan oleh CIMB Niaga. Terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking, salah satunya adalah Technology Acceptance Model (TAM), TAM yang digunakan adalah yang sudah mengalami pengembangan. Variabel-variabel yang akan dianalisis yaitu Perceived ease of use (PEOU), Perceived usefulness (PU), Perceived enjoyment (PE), Amount of information on mobile banking (I), Security and privacy (SP), Quality of internet/SMS connection (C), Performance risk, Financial risk, Time risk, Psychological risk, Perceived benefit (PB), Convenience, Feature availability, Bank management and image, Design, Content, dan Speed. begitu banyak variabel TAM yang mempengaruhi penggunaan layanan mobile banking, maka diperlukan suatu pengelompokkan variabel-variabel tersebut, untuk itu dilakukan analisis faktor. Hasil analisis faktor meringkas variabel-variabel yang ditentukan untuk diteliti yaitu sebanyak 17 variabel menjadi tiga faktor yang mendorong nasabah CIMB Niaga menggunakan layanan mobile banking yaitu faktor konten, faktor resiko dan faktor efisiensi waktu.

Kata Kunci: Mobile Banking, Technology Acceptance Model (TAM), Analisis Faktor.

Subjek

OPERATION MANAGEMENT
RESEARCH AND DEVELOPMENT, SERVICE PRODUCT, TECHNOLOGY ACCEPTANCE, ELECTRONIC - BANKING

Katalog

Identifikasi Faktor-faktor Penggunaan Layanan CIMB Mobile Banking oleh Nasabah di Kota Bandung
 
xii, 108p.: il.; 21,5 cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAT KHAFIDHIN
Perorangan
Siska Noviaristanati, S.Si., MT
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen Telkom, MBTI
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini