Manajemen laba adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manajemen
perusahaan dengan memanipulasi dalam pelaporan keuangan, yaitu dengan
merubah angka-angka dalam laporan keuangan. dilakukan manajemen
perusahaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perusahaan terindikasi
melakukan manajemen laba dapat dilihat melalui pendekatan akrual. Akrual
merupakanselisih antara laba dan arus kas operasi, semakin tinggi nilai akrual
menunjukan adanya strategi menaikan laba (income increasing), begitu pula
sebaliknya, semakin minus nilai akrual menunjukan adanya strategi untuk
menurunkan laba (income decreasing) yang dilakukan manajer
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sales growth , financial leverage
dan Good Corporate Governance berpengaruh secara terhadap manajemen laba
perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia tahun 2016 – 2020. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian
kausalitas. Objek penelitian ini perusahaan sub sektor makanandan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 – 2020 Teknik sampling
menggunakan metode purposive sampling, diperoleh 14 perusahaan dengan total
data sebanyak 26data. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis
regresi data panel, karena variabel dependen berskala nominal. Alat uji statistik
dan hipotesis yang di pakai dalam penelitian ini adalah Eviews 12
Hasil pada penelitian menunjukan bahwa pada variabel sales growth ,
financial leverage danGood Corporate Governance secara variabel berpengaruh
terhadap manajemen laba. Namun hasil penelitian secara parsial financial
leverage dan komite audit berpengaruh negatif terhadap kualitas audit, namun
pada variable sales growth dan komisaris independent secara parsial tidak
berpengaruhterhadap manajemen laba.
Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian
kembali terhadap variabel yang tidak berpengaruh terhadap manajemen laba
seperti sales growth dan komisaris independent dengan periode penelitian yang
berbeda dan penambahan variabel yang mempengaruhimanajemen laba. Serta
menambah periode tahun penelitian dan dapat meneliti objek yang berbeda.
Seperti sektor aneka industri, sector industri barang konsumsi, sektor
infrastruktur, utilitas dan transportasi ataupun perusahaan Badan Usaha Milik
Negara (BUMN).
Kata Kunci: Manajemen laba, sales growth, financial leverage, komisaris
independent dan komite audit