IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TOKO SEMBAKO DENGAN ALGORITMA APRIORI

IZZ ABDUR RAHMAN

Informasi Dasar

361 kali
22.04.887
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penjualan toko sembako meningkat setiap bulannya. Semakin banyaknya jumlah toko sembako membuat para pengelola ingin membuat strategi pemasaran yang lebih baik. Untuk mengetahui penjualan terbanyak diperlukan algoritma apriori dengan bantuan tools Rapid Miner. Algoritma apriori ini akan membentuk frequent itemset dengan banyak yang telah ditentukan sebelumnya dengan dua parameter yaitu support dan confidence. Salah satu tahap analisis asosiasi algoritma yang efesien adalah analisis pola frequensi tinggi. Support adalah presentase kombinasi item dalam database, sedangkan confidence adalah kuatnya hubungan antar barang dalam asosiasi. Algoritma apriori ini dapat membantu dalam data mining dan pemasaran. Penelitian menggunakan salah satu aplikasi data mining yaitu Rapid Miner. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang keterkaitan barang yang terjual di toko sembako dengan melihat data barang yang terjual selama 1 bulan. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian adalah nilai support 0.25% dan nilai confidence 0.5% dengan total dari kesuluruhan data adalah 2328 data. Dengan adanya penelitian terhadap perhitungan pola penjualan barang di toko sembako tersebut, diharapkan pemilik toko sembako dapat melihat strategi bisnis yang lebih menguntungkan.

Kata Kunci : algoritma apriori, data mining, toko sembako, penjualan.

Subjek

DATA MINING
DATA BASE MANAGEMENT,

Katalog

IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN TOKO SEMBAKO DENGAN ALGORITMA APRIORI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IZZ ABDUR RAHMAN
Perorangan
RISKA YANU FARIFAH, FAQIH HAMAMI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini