Perancangan Komik Sebagai Media Pengenalan Congklak Pada Anak-Anak Usia Sekolah Dasar

DHANESWARA ARMINTA SUKMAJAYANTHI

Informasi Dasar

13.04.638
741.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia dengan keberagaman suku dan budaya memiliki beragam jenis permainan tradisional. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, muncul begitu banyak permainan-permainan yang lebih modern dan inovatif. Permainan-permainan modern tersebut ternyata mampu meredupkan popularitas permainan-permainan tradisional. Hal ini sangat disayangkan mengingat permainan tradisional memiliki banyak pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak-anak.

Di wilayah perkotaan, dimana terjadi ketiadaan lahan yang cukup luas untuk bermain membuat beberapa permainan tradisional jadi tidak lagi dapat dimainkan secara leluasa. Bahkan paradigma yang ada di masyarakat bahwa bermain tidak lebih penting dari belajar membuat kegiatan bermain pada anak-anak itu sendiri kurang mendapat dukungan dari orangtua. Untuk menyiasati hal tersebut maka dipilihlah permainan tradisional congklak yang memerlukan kemampuan perhitungan dan konsentrasi untuk kembali diperkenalkan pada anak-anak. Selain itu, permainan congklak juga memiliki banyak nilai historis serta tidak membutuhkan lahan yang luas untuk bermain sehingga cocok untuk masyarakat di perkotaan khususnya di Jawa Barat sebagai provinsi terpadat di Pulau Jawa.

Permainan congklak ini akan diperkenalkan kembali pada anak-anak usia Sekolah Dasar dalam bentuk buku komik agar dapat menarik mereka untuk bermain congklak dan senang memainkannya.

Kata kunci : Komik, Congklak, Permainan Tradisional.

Subjek

COMICS
 

Katalog

Perancangan Komik Sebagai Media Pengenalan Congklak Pada Anak-Anak Usia Sekolah Dasar
 
xii, 93p.: il.; 21,5cm+lampiran
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHANESWARA ARMINTA SUKMAJAYANTHI
Perorangan
imansyah Lubis ; Patra Aditia
 

Penerbit

[ Library & Knowledge Center ] Institut Manajemen TELKOM, DKV
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini