Analisis Ulasan Pengguna Pada Aplikasi Tracking COVID-19 Menggunakan LDA-Topic Modeling Untuk Meningkatkan User Experience (Studi Pada PeduliLindungi)

KHANSA AMARADIENA

Informasi Dasar

22.04.1322
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan penyebaran virus COVID-19 terus berkembang. Pemerintah di seluruh Dunia menerapkan berbagai kebijakan untuk menekan angka penyebaran virus, termasuk di Indonesia. Salah satu kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia adalah dengan membuat aplikasi tracking yang diberi nama PeduliLindungi. Aplikasi PeduliLindungi dimanfaatkan untuk membantu pelaksanaan surveilans kesehatan dalam menekan angka penyebaran virus COVID-19. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi, maka muncul ulasan terkait pemanfaatan aplikasi pada media sosial yang diberikan oleh pengguna. Pengguna aplikasi PeduliLindungi dapat menggunakan media sosial Twitter untuk memberikan ulasan. Selain pada media sosial, dapat memanfaatkan fitur pada Google Play Store yaitu fitur komentar dan star rating untuk memberikan ulasan serta penilaian berdasarkan pengalaman selama menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik apa yang disebutkan dan topik apa yang paling sering dibicarakan oleh pengguna aplikasi PeduliLindungi berdasarkan data pada ulasan pengguna di Google Play Store dan Twitter. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk topik muncul yang berkaitan dengan user experience. Topik terkait user experience tersebut kemudian dikelompokan berdasarkan UX HEART metrics. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data sekunder. Data sekunder yang dimaksud yaitu data UGC dari ulasan pengguna aplikasi PeduliLindungi pada Google Play Store dan tweets pada Twitter dengan kata kunci “pedulilindungi”. Data diambil dalam rentan waktu 1 – 31 Desember 2021. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode LDA-Topic Modeling menggunakan software Google Colab untuk mengetahui topik dan kata pada dokumen. Berdasarkan data, dapat diketahui terdapat 8 topik yang paling sering dibicarakan pada data ulasan pengguna di Google Play Store, dan 9 topik pada data Twitter. Selain itu, topik yang paling sering dibicarakan menurut data Google Play Store yaitu proses pada saat melakukan pendaftaran akun. Sedangkan, topik yang paling sering dibicarakan pada Twitter yaitu penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, berdasarkan analisis UX HEART metrics dapat diketahui terdapat 4 metrics dari masing-masing data. Pada data Google Play Store terdapat 1 topik metrics happiness, 2 topik metrics engagement, 1 topik metrics adoption, dan 3 topik task success. Sedangkan pada data Twitter terdapat 1 topik metrics happiness, 3 topik metrics engagement, 2 topik metrics retention, dan 3 topik metrics task success. Dari analisis dapat diketahui pada metrics happiness menggambarkan aplikasi belum memberikan kepuasan kepada pengguna. Pada metrics engagement menggambarkan fitur aplikasi pedulilindungi belum dapat melakukan fungsinya dengan maksimal dalam proses penggunaan. Pada metrics adoption menggambarkan masalah pada saat melakukan login dan klaim sertifikat vaksin. Metrics retention menggambarkan bahwa pengguna dapat menggunakan aplikasi dalam jangka waktu panjang dan berulang. Pada metrics task success menggambarkan pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari walaupun terdapat kesalahan baik pada sistem atau data aplikasi. Sehingga diharapkan dari hasil penelitian ini dapat menjadi evaluasi bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan kualitas aplikasi, seperti mengurangi error, melakukan pembaharuan data vaksin secara cepat, dan menyebarkan informasi untuk pengguna tentang cara melakukan input tanggal saat log in atau saat melakukan klaim sertifikat vaksin. Kata Kunci: Ulasan Pengguna, User Generated Content, User Experience, Topic Modeling, Google Play Store, Twitter.

Subjek

DATA ANALYSIS
APPLICATION,

Katalog

Analisis Ulasan Pengguna Pada Aplikasi Tracking COVID-19 Menggunakan LDA-Topic Modeling Untuk Meningkatkan User Experience (Studi Pada PeduliLindungi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHANSA AMARADIENA
Perorangan
TRI WIDARMANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini