Word of Mouth Communication (WoMC) dianggap cukup efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian dibandingkan media komunikasi lainnya. Riset Nielsen (di Amerika Serikat) pada perusahaan yang menggunakan WoMM menyimpulkan kepercayaan konsumen dalam melakukan pembelian terbentuk dari rekomendasi orang lain (keluarga, teman, kerabat, dll). Sehingga penelitian ini ingin mengetahui pengaruh WoMC terhadap keputusan pembelian konsumen pada Café Madtari Bandung,
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 400 responden dengan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan WoMC berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Diamana WoMC mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebesar 13.8%. Dan sisanya 86,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan bahwa WOMC berpengaruh rendah terhadap proses pengambilan keputusan pembelian pelanggannya, maka sebagai strategi pemasaran dengan mendorong terjadinya WOM harus ditingkatkan dan tidak hanya menggunakan WOM orgnic dari konsumen saja tetapi memakai rancangan WOM (amplified WOM/by design) yang dibuat oleh café Madtari. Dengan adanya by design yang digunakan oleh Madtari sendiri Word of Mouth Communiction lebih menimbulkan rangsangan yang dibicarakan konsumen karena ada rancangan yang dibuat oleh Café Madtari.
Kata kunci: word of mouth communications, proses pengambilan keputusan pembelian