Abstrak
Meningkatnya penjualan sepeda motor di tanah air menekankan bahwa betapa pentingnya penggunaan helm dengan standar yang telah ditentukan.Oleh karena itu perusahaan Helm sebisa mungkin bersaing dengan strateginya masing-masing. Helmets untuk mengetahui dan mengidentifikasi pasar mana yang akan dilayaninya dengan baik dan paling menguntungkan untuk perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan pendekatan menggunakan analisis interaktif dan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna helm RSV di Kota Bandung yang jumlahnya tida diketahui. Hasil penelitian menunjukan bahwa RSV Helmet didominasi oleh konsumen laki-laki, umur 20-25 tahun, profesi pegawai swasta, pendidikan terakhir Sarjana, pendapatan diatas Rp.4.000.000, tempat tinggal di Kota Bandung, domisili di Pulau Jawa (Non Jabodetabek), memiliki kelas sosial mulai dari menengah sampai keatas dan memiliki gaya hidup yang mementingkan pendidikan, pekerjaan, dan hiburan. Hasil pengolahan data targeting, RSV Helmet menentukan karyawan, mahasiswa, pengusaha sebagai target pasar penjualan produknya. RSV Helmet memiliki keunggulan dan ciri khas serta brand image dan brand name yang sudah cukup baik dibandingkan dengan pesaing produsen helm lainnya. RSV Helmets telah mengimplementasikan konsep segmenting, targeting, positioning dalam riset dan pengembangan pada bagian produk helm. Kata Kunci : Segmenting, Targeting, Positioning, Strategi Pemasaran Helm RSV