FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERINVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI PLATFORM PEER-TO-PEER LENDING (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG)

TSABITAH IMANI

Informasi Dasar

22.04.1511
657.833
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan salah satu karakteristiknya yaitu eksploratif, niat berinvestasi sudah mulai tumbuh di generasi milenial karena sudah mulai menyadari pentingnya mengelola keuangan. Terdapat beberapa alternatif investasi fintech yang mulai dilirik salah satunya peer-to-peer lending (P2P lending). Namun, semakin diminatinya platform P2P lending oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif investasi, masih banyak platform P2P lending ilegal yang bertebaran di masyarakat sehingga perlu adanya pengukuran sikap calon investor dalam berinvestasi.

Penelitian ini menggunakan persepi kepercayaan dan persepsi jaminan struktural untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi niat berinvestasi generasi milenial di Kota Bandung dengan populasi masyarakat generasi milenial yang tinggal di 30 Kecamatan Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi reputasi dan persepsi jaminan struktural secara langsung memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan dan niat berinvestasi. Selain itu, kepercayaan juga memediasi persepsi reputasi dan persepsi jaminan struktural secara simultan terhadap niat berinvestasi di platform P2P lending.

Subjek

FINANCE
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERINVESTASI GENERASI MILENIAL MELALUI PLATFORM PEER-TO-PEER LENDING (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TSABITAH IMANI
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3R4 - FINANCIAL INSTITUTIONS AND DIGITAL FINANCE
  • SM523034 - INVESTASI
  • SM621484 - NEW DIGITAL ECONOMY
  • BM62G3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini