Perusahaan media massa Kompas Gramedia berupaya meningkatkan literasi di Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Gerakan Literasi Nusantara #AkuBaca. Dalam pelaksanaannya, Kompas Gramedia membutuhkan keterlibatan stakeholder untuk mendukung program tersebut. Oleh karena itu, Kompas Gramedia merumuskan strategi komunikasi untuk membangun hubungan dengan stakeholder khususnya di masa pandemi Covid-19 melalui unit Corporate Communication. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis strategi komunikasi yang dilakukan Kompas Gramedia dalam membangun hubungan dengan stakeholder di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi deskriptif dengan memaparkan langkah-langkah strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kompas Gramedia. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan paradigma post-positivisme dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, Kompas Gramedia telah mengimplementasikan langkah-langkah strategi komunikasi mulai dari mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan pemilihan penggunaan media dengan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19. Selanjutnya, Kompas Gramedia juga melakukan pendekatan new-corporate relation dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk turut berkontribusi pada pelaksanaan program Gerakan Literasi Nusantara #AkuBaca di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan stakeholder kepada Kompas Gramedia didominasi tanggapan yang positif, walaupun masih terdapat beberapa tanggapan yang memiliki sentimen negatif khususnya di masa pandemi Covid-19.