STRATEGI KOMUNIKASI UNIT CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN STAKEHOLDER MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI NUSANTARA #AKUBACA DI MASA PANDEMI COVID-19

AQSHAL AKBAR YAASIINO

Informasi Dasar

207 kali
22.04.1558
658.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan media massa Kompas Gramedia berupaya meningkatkan literasi di Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Gerakan Literasi Nusantara #AkuBaca. Dalam pelaksanaannya, Kompas Gramedia membutuhkan keterlibatan stakeholder untuk mendukung program tersebut. Oleh karena itu, Kompas Gramedia merumuskan strategi komunikasi untuk membangun hubungan dengan stakeholder khususnya di masa pandemi Covid-19 melalui unit Corporate Communication. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis strategi komunikasi yang dilakukan Kompas Gramedia dalam membangun hubungan dengan stakeholder di masa pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi deskriptif dengan memaparkan langkah-langkah strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kompas Gramedia. Selain itu, Penelitian ini juga menggunakan paradigma post-positivisme dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, Kompas Gramedia telah mengimplementasikan langkah-langkah strategi komunikasi mulai dari mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, dan pemilihan penggunaan media dengan menyesuaikan situasi pandemi Covid-19. Selanjutnya, Kompas Gramedia juga melakukan pendekatan new-corporate relation dengan melibatkan seluruh stakeholder untuk turut berkontribusi pada pelaksanaan program Gerakan Literasi Nusantara #AkuBaca di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tanggapan yang diberikan stakeholder kepada Kompas Gramedia didominasi tanggapan yang positif, walaupun masih terdapat beberapa tanggapan yang memiliki sentimen negatif khususnya di masa pandemi Covid-19.

Subjek

CORPORATE COMMUNICATION
BUSINESS COMMUNICATION,

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI UNIT CORPORATE COMMUNICATION KOMPAS GRAMEDIA DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN STAKEHOLDER MELALUI PROGRAM GERAKAN LITERASI NUSANTARA #AKUBACA DI MASA PANDEMI COVID-19
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AQSHAL AKBAR YAASIINO
Perorangan
Ayub Ilfandy Imran
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KHI4J4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini