Analisis Brand Positioning dan Strategi Branding Sepatu Lokal (Studi Kasus pada Brand Sepatu Compass, NAH Project, Brodo, dan Geoff Max)

MUHAMAD HENDI WIBOWO

Informasi Dasar

22.04.1573
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Belakangan ini industri fashion berkembang sangat pesat, salah satunya adalah industri sepatu. Selain sebagai alat sandang, sepatu menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Maka dari itu, persaingan dalam industri sepatu sangat ketat dalam menyajikan inovasi dan kreatifitas. Di Indonesia, bisnis fashion yang bergerak dibidang sepatu cukup merajalela, seperti Compass, NAH Project, Brodo dan Geoff Max. Secara umum terdapat faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis fashion di bidang sepatu ini, seperti kualitas material yang digunakan dan harga terjangkau. Oleh karena itu, dari beberapa brand sepatu lokal tersebut dibutuhkan perceptual mapping untuk menggambarkan positioning brand yang lebih unggul berdasarkan persepsi konsumen. Selain brand positioning sepatu lokal, strategi branding juga menjadi salah satu faktor yang membuat brand tersebut dikenal banyak orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui brand positioning dan strategi branding yang dilakukan oleh brand sepatu lokal melalui indikator-indikator brand positioning seperti value, uniqueness, credibility, sustainability, dan suitability. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survei melalui kuesioner kepada 385 responden yang merupakan konsumen brand sepatu lokal Compass, NAH Project, Brodo dan Geoff Max. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan multidimensional scaling (MDS) dengan bantuan IBM SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand sepatu Compass dan Brodo berada pada Kuadran II, sedangkan NAH Project dan Geoff Max berada pada Kuadran IV. Artinya persaingan diantara keempat brand sepatu lokal ini cukup tinggi jika dilihat dari jaraknya yang berdekatan. Selanjutnya, brand sepatu Brodo memiliki nilai yang lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya berdasarkan brand positioning. Serta strategi branding yang dihasilkan dalam penelitian ini berdasarkan dari perhitungan jarak euclidean dari masing-masing indikator. Saran untuk masing-masing brand, dapat mengaplikasikan strategi branding dalam penelitian ini yang didasari oleh perhitungan jarak euclidean dari persepsi responden agar sesuai dengan harapan konsumen. Serta untuk penelitian selanjutnya, dalam waktu yang berbeda dapat melakukan penelitian pada perusahaan sejenis atau dengan objek yang berbeda. Kata kunci: brand positioning, strategi branding, brand sepatu lokal, multidimensional scaling, dan perceptual mapping

Subjek

BRAND
BRAND MANAGEMENT,

Katalog

Analisis Brand Positioning dan Strategi Branding Sepatu Lokal (Studi Kasus pada Brand Sepatu Compass, NAH Project, Brodo, dan Geoff Max)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD HENDI WIBOWO
Perorangan
Achmad Manshur Ali Suyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini