PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERDAGANGAN KOTA SURAKARTA

GREGORIUS FANDI RAJA SERENA

Informasi Dasar

22.04.1671
658.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada masa reformasi di Indonesia, sistem pemerintahan berubah menjadi lebih demokratis. Banyak ide tentang Good Governance (Pemerintah yang baik dan bersih) muncul dalam pemerintahan yang diharapkan dapat memperbaiki sistem pemerintahaan menjadi lebih bersih dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Disiplin dan lingkungan kerja memiliki pengaruh dalam meningkatkan kinerja pegawai. Diperlukan peran dari seluruh pihak untuk dapat meningkatkan disiplin dan lingkungan kerja yang baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan pegawai, lingkungan kerja dan kinerja pegawai serta mengetahui pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Dinas Perdagangan Kota Surakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan disiplin kerja dan lingkungan kerja sebagai variabel independen dan kinerja pegawai sebagai variabel dependen. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Metode pengumpulan data menggunakan cara menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Perdagangan Kota Surakarta yang berjumlah 203 pegawai dan sampel yang akan diambil dari populasi yaitu berjumlah 134.

Disiplin kerja pegawai Dinas Perdagangan Kota Surakarta masuk kedalam kategori sangat tinggi, hal tersebut menunjukan bahwa pegawai memiliki tingkat kedisiplin yang tinggi. Lingkungan kerja Dinas Perdagangan Kota Surakarta memasuki dalam kategori bagus, yang menunjukan bahwa lingkungan kerja mendukung pegawai untuk bekerja dengan nyaman.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa disiplin kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja pegawai dan lingkungan kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja pegawai Dinas Perdagangan Kota Surkarta. Dengan nilai R² sebesar  0,399 atau 39,9%  yang menunjukan disiplin kerja dan lingkungan kerja berpengaruh sebesar 39,9% terhadap kinerja pegawai dan sisanya sebesar 60,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian saat ini.

 

 

 

 

Kata kunci: Disiplin kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai.

Subjek

PERSONEL MANAGEMENT
Human resouces management,

Katalog

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERDAGANGAN KOTA SURAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GREGORIUS FANDI RAJA SERENA
Perorangan
Puspita Wulansari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini