PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ZAHRA AQILLA PUTRI CHANDRA

Informasi Dasar

22.05.062
658.827
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Social media influencer dapat membentuk brand image dan customer engagement yang kemudian berdampak pada purchase intention suatu brand. Lizzie Parra merupakan beauty influencer yang kerap membagikan ulasan terkait produk BLP Beauty. Postingan tersebut kemudian menumbukan brand image dan customer engagement audiens pada BLP Beauty. Namun, nyatanya Lizzie Parra tidak termasuk dalam Top 10 Beauty Influencer di Indonesia. Jika dibandingkan dengan beauty influencer lainnya, Lizzie Parra memiliki followers dan engagement rate yang lebih rendah. Hal ini kemudian akan mempengaruhi brand image dan customer engagement yang kemudian berdampak pada purchase intention BLP Beauty.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media influencer Lizzie Parra terhadap purchase intention melalui brand image dan customer engagement pada brand BLP Beauty.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Peneliti telah menyebarkan kuesioner secara online kepada 412 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM dengan menggunakan program SmartPLS.

Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa (1) social media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image pada brand BLP Beauty, (2) social media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement pada brand BLP Beauty (3) social media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada brand BLP Beauty, (4) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada brand BLP Beauty, (5) customer engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada brand BLP Beauty, (6) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement pada brand BLP Beauty, (7) social media influencer Lizzie Parra berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand image pada brand BLP Beauty, dan (8) social media influencer Lizzie Parra berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui customer engagement pada brand BLP Beauty.

Hasil menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh terbesar dalam peningkatan purchase intention. Data juga menunjukkan bahwa reputasi, warna kosmetik yang ditawarkan, dan personality yang kuat dapat membentuk brand image BLP Beauty yang positif. Hal-hal tersebut harus diperhatikan oleh Lizzie Parra dalam menyampaikan informasi terkait produk-produk BLP Beauty.

 

Kata kunci: BLP Beauty, brand image, customer engagement, Lizzie Parra, purchase intention, dan social media influencer

Subjek

BRAND MANAGEMENT
BRAND IMAGE,

Katalog

PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAHRA AQILLA PUTRI CHANDRA
Perorangan
Indrawati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Magister Manajemen
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MMKA22 - PEMASARAN ELEKTRONIK
  • MMFB23 - PEMASARAN ERA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini