Adopsi iOS 15 menunjukkan penurunan dibandingkan adopsi iOS 14. Meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial, dan perangkat mobile berdampak pada peningkatan data atau konten yang tercipta. Twitter merupakan salah satu media sosial yang telah menjadi sumber utama untuk menciptakan konten berupa teks atau yang juga disebut tweet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik apa saja yang dibahas dan untuk mengetahui perbandingan topik antara iOS 14 dan iOS 15. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data sekunder. Data sekunder yang dimaksud yaitu data UGC dari data tweet pengguna iOS 14 dan iOS 15 di Twitter. Data diambil dalam rentan waktu 20 September – 11 Oktober 2021. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode LDA-Topic Modeling menggunakan software Google Colab.
Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui terdapat 7 topik yang dibahas berdasarkan data tweet pengguna iOS 14, dan 5 topik yang dibahas berdasarkan data tweet pengguna iOS 15 di Twitter. Selain itu, berdasarkan analisis terdapat nilai emosional, nilai sosial, dan nilai kualitas pada topik dari data tweet yang dinilai oleh pengguna iOS 14 dan iOS 15. Selain itu, perbandingan topik antara iOS 14 dan iOS 15 yaitu pada sistem operasi iOS 14 topik yang dibahas oleh pengguna menunjukkan dominasi kesan yang baik. Sedangkan, pada sistem operasi iOS 15 topik yang dibahas didominasi oleh keluhan pengguna terhadap sistem operasi iOS 15. Diharapkan hasil penelitian dapat menjadi evaluasi terhadap sistem operasi iOS 14 dan iOS 15 untuk selanjutnya dapat memiliki kualitas yang lebih baik lagi dalam melakukan update sistem operasi.