ANALISIS CUSTOMER PERCEIVED VALUE PADA PENGGUNAAN SISTEM OPERASI iOS MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION-TOPIC MODELING

RIZKI ILMA HAFIDZUN ALIM

Informasi Dasar

22.04.1705
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adopsi iOS 15 menunjukkan penurunan dibandingkan adopsi iOS 14. Meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial, dan perangkat mobile berdampak pada peningkatan data atau konten yang tercipta. Twitter merupakan salah satu media sosial yang telah menjadi sumber utama untuk menciptakan konten berupa teks atau yang juga disebut tweet

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik apa saja yang dibahas dan untuk mengetahui perbandingan topik antara iOS 14 dan iOS 15. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data sekunder. Data sekunder yang dimaksud yaitu data UGC dari data tweet pengguna iOS 14 dan iOS 15 di Twitter. Data diambil dalam rentan waktu 20 September – 11 Oktober 2021. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode LDA-Topic Modeling menggunakan software Google Colab.

Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui terdapat 7 topik yang dibahas berdasarkan data tweet pengguna iOS 14, dan 5 topik yang dibahas berdasarkan data tweet pengguna iOS 15 di Twitter. Selain itu, berdasarkan analisis terdapat nilai emosional, nilai sosial, dan nilai kualitas pada topik dari data tweet yang dinilai oleh pengguna iOS 14 dan iOS 15. Selain itu, perbandingan topik antara iOS 14 dan iOS 15 yaitu pada sistem operasi iOS 14 topik yang dibahas oleh pengguna menunjukkan dominasi kesan yang baik. Sedangkan, pada sistem operasi iOS 15 topik yang dibahas didominasi oleh keluhan pengguna terhadap sistem operasi iOS 15. Diharapkan hasil penelitian dapat menjadi evaluasi terhadap sistem operasi iOS 14 dan iOS 15 untuk selanjutnya dapat memiliki kualitas yang lebih baik lagi dalam melakukan update sistem operasi.

Subjek

BIG DATA
 

Katalog

ANALISIS CUSTOMER PERCEIVED VALUE PADA PENGGUNAAN SISTEM OPERASI iOS MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION-TOPIC MODELING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI ILMA HAFIDZUN ALIM
Perorangan
Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3B4 - BIG DATA AND DATA ANALYTICS
  • BM63I4 - PEMASARAN BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini