USULAN PERBAIKAN PROSES MONITORING DAN CONTROLLING PADA PENAGIHAN PELANGGAN OUTSTANDING PT XYZ DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI)

ASIH AULIA PUTRI

Informasi Dasar

22.04.1718
338.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang dihadirkan untuk memenuhi pelanggan di daerah Jambi. Untuk melayani pelanggan corporate, PT XYZ menghadirkan Unit BGES. Proses pembayaran pelanggan corporate dikelola oleh salah satu pilar BGES yakni Collection Management. Salah satu data pelanggan yang dikelola Collection Management adalah data outstanding dimana data pelanggan tersebut memiliki nilai rupiah tunggakan paling besar diantara data-data lainnya. Data Outstanding merupakan data tunggakan yang muncul setiap bulan dikarenakan pelanggan tidak membayar tagihan selama lebih dari dua bulan. Sebanyak 693 pelanggan pada akhir tahun 2021 tercatat masuk pada data pelanggan outstanding. Dan pada tahun 2021 pula ketercapaian penagihan outstanding hanya sebesar 14,75% yang menandakan masih sedikitnya pelanggan yang membayar tagihan. Ditahun yang sama, perusahaan mengalami penundaan pembayaran sebesar Rp 7.000.458.871,00. Penagihan pelanggan outstanding harus dikirim pada rentang tanggal 5 - 12 setiap bulannya dikarenakan beban kerja yang berlebih, pihak collection management kurang melakukan pengawasan terkait penagihan sehingga target penagihan tidak terpenuhi. Dari perbandingan beberapa literatur, maka dipilihlah perbaikan berbasis aktivitas menggunakan metode Business Process Imprvement dengan tools yang digunakan adalah Apply Technique Wheels dan Streamlining. Hal ini dikarenakan permasalahan pada proses bisnis eksisting yang terdapat pada penelitiaan belum optimal. Hasil dari penelitian ini adalah adanya proses bisnis baru sistem monitoring dan controlling dimana didalamnya terdapat notifikasi reminder yang akan diberikana kepada pekerja di unit BGES dan terdapat dashboard monitoring dan controlling yang mana didalamnya terdapat data keluar dan masuk dari hasil perancangan context diagram. Dengan adanya notifikasi serta dashboard monitoring dan controlling dapat membantu pekerja melihat rekap status pembayaran pelanggan sehingga proses penagihan dapat berjalan secara efisien.

Kata kunci — Proses Bisnis, Quality Control, Monitoring, Controlling, Business Process Improvement

Subjek

BUSINESS PROCESS
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES MONITORING DAN CONTROLLING PADA PENAGIHAN PELANGGAN OUTSTANDING PT XYZ DENGAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASIH AULIA PUTRI
Perorangan
Heriyono Lalu, Sheila Amalia Salma
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini